Kakeknya dari Semarang

Nathan Tjoe-A-On Ingin Bela Timnas Indonesia

Pemain keturunan Indonesia, Nathan Tjoe-A-On (c) Nathan Tjoe-A-On

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)--Nama Nathan Tjoe-A-On mendadak menjadi buah bibir di Tanah Air. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengungkapkan bahwa Nathan ingin menjalani proses naturalisasi dan bermain untuk Skuad Garuda.Nathan Tjoe-A-On merupakan pemain keturunan alias diaspora yang lahir di Rotterdam, Belanda. Produk asli akademi Excelsior, Nathan menghuni tim utama Excelsior sejak 2019 silam.Pada jendela transfer musim panas 2023 ini, Nathan Tjoe-A-On bergabung dengan klub Championship, Swansea City. Ia didatangkan dengan biaya transfer senilai 348 ribu euro atau setara dengan kurang lebih 5,2 miliar rupiah.

PSSI sejak beberapa waktu lalu dikabarkan ingin menaturalisasi Tjoe-A-On. Gayung pun bersambut. Pemain 21 tahun itu diklaim tertarik berganti kewarganegaraan demi membela Tim Merah Putih.“Pemain tersebut memang tertarik untuk menjalani proses naturalisasi. Dia juga sepakat dan setuju untuk mengganti kewarganegaraannya jadi WNI,” ujar Shin Tae-yong.Meski demikian, Shin Tae-yong tak lantas langsung memberikan kata setuju. Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan bahwa ia ingin melihat kualitas Nathan Tjoe-A-On lebih dahulu.

“Namun, saya memang belum bisa memberikan keputusannya sekarang, sebelum saya melihat langsung permainannya seperti apa,” tutur Shin Tae-yong.“Dan setelah saya melihat kualitasnya seperti apa, kami akan membicarakannya dengan Ketua Umum PSSI baru diputuskan selanjutnya bagaimana. Apakah dilanjutkan atau tidak,” tukasnya.


Terungkap bahwa Nathan Tjoe-A-On memiliki garis keturunan Indonesia dari kakeknya. Ayah dari ibu Nathan diketahui berasal dari Semarang, Jawa Tengah.Saat ini, Nathan Tjoe-A-On berstatus sebagai warga negara Belanda. Namun, sejauh ini ia sama sekali belum pernah mendapat panggilan untuk memperkuat Timnas Belanda di berbagai level.Mengingat Indonesia tak menganut sistem kewarganegaraan ganda, pemain kelahiran 2001 itu pun harus menjalani proses naturalisasi jika ingin memperkuat Timnas Indonesia.

Karier Nathan Tjoe-A-On di tim utama Excelsior bermula pada 2019 lalu. Sayang, cedera membuat Nathan sempat absen bermain dan berlatih selama kurang lebih 14 bulan.Nathan kembali reguler bermain sejak awal 2022 lalu. Penampilan apiknya pun diganjar dengan perpanjangan kontrak selama dua tahun oleh Excelsior di akhir musim 2021/2022.Musim 2022/2023 kemarin, ia tampil di Eredivisie dan mencetak gol profesional pertamanya dalam laga versus FC Emmen paa 9 September 2022.Penampilan impresifnya pun membuat Nathan Tjoe-A-On kala itu diganjar penghargaan Eredivisie Talent of the Month edisi September 2022.(Net/Hen)


Profil dan Biodata Nathan Tjoe-A-On
Nama: Nathan Tjoe-A-On
Tempat lahir: Rotterdam
Tanggal lahir: 22 Desember 2001
Usia: 21 Tahun
Tinggi badan: 191 cm
Posisi bermain: Bek kiri, bek tengah
Klub: Swansea City
Nomor punggung: 21
Karier klub

2019-2023: Excelsior
2023-sekarang: Swansea City


Berita Lainnya...

Tulis Komentar