Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Demi KalahkanTurkmenistan, Ini yang Dilakukan Timnas Indonesia U-23

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan (kiri), setelah mencetak gol kedua ke gawang Timnas Chinese Taipe U-23 dalam pertandingan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9/2023).

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Indonesia U-23 tidak bakal mudah menghadapi Turkmenistan U-23 pada laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023). Lawan kali ini bukanlah Chinese Taipei yang dengan mudah dikalahkan. Timnas Indonesia U-23 boleh saja meraih kemenangan telak 9-0 atas Chinese Taipei dalam pertandingan pertama mereka di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Sabtu (9/9/2023). Namun, Turkmenistan adalah tim yang berbeda.Bahkan Turkmenistan juga meraih kemenangan cukup telak atas Chinese Taipei pada Rabu (6/9/2023). Dalam laga itu, Turkmenistan menang telak 4-0 atas Chinese Taipei.Jadi bisa dikatakan tim asuhan Shin Tae-yong akan menghadapi pertarungan dengan lawan sesungguhnya dan kualitas yang sepadan. Duel Timnas Indonesia U-23 dan Turkmenistan tidak akan mudah.

Faktor kesetaraan ini yang membuat perebutan tiket dari Grup K ke putaran final Piala Asia U-23 2024 di Qatar makin seru. Namun, Garuda Muda mengantongi taktik dan strategi untuk menjinakkan Turkmenistan U-23.Begitu pula dengan Turkmenistan U-23 yang sudah mengintip duel spektakuler Timnas Indonesia U-23 kontra Chinese Taipei U-23."Duel Indonesia dengan Turkmenistan pasti menarik, karena pelatih dari kedua kubu telah sama-sama mempelajari cara bermain dan kekuatan masing-masing. Inilah ujian bagi Shin Tae-yong dan skuad Merah-Putih nanti," ujar Mursyid Effendi.

Mantan bek Timnas Indonesia era 1990-an ini memprediksi Shin Tae-yong akan melakukan sedikit perubahan gaya bermain anak asuhnya."Cara bermain Indonesia melawan Chinese Taipei tidak semua bisa diterapkan ketika menghadapi Turkmenistan. Cara itu pasti sudah dibaca oleh lawan.," ujar Mursyid."Nah di sini kecerdikan Shin Tae-yong bakal diuji. Saya yakin Shin Tae-yong akan melakukan modifikasi permainan," lanjut mantan pemain bertahan tersebut.

Mursyid Effendi juga menduga lini pertahanan Timnas Indonesia U-23 akan makin diperketat untuk menghalau gedoran lini serang Turkmenistan dan ketajaman strikernya, Shamammet Hydyrow."Tampaknya pertahanan Indonesia kali ini akan bekerja lebih keras. Turkmenistan punya striker ganas. Agar tidak berisiko, maka lini tengah harus menguasai permainan supaya aliran serangan Turkmenistan berkurang," ujarnya.Turkmenistan, lanjut Mursyid Effendi, pasti akan bermain lebih rapat dan menekan pemain Timnas Indonesia U-23 agar tidak seenaknya menerapkan tiki-taka seperti ketika menghadapi Chinese Taipei."Turkmenistan juga pasti mengubah cara bermain demi merebut tiket ke final Piala Asia U-23. Mereka akan melakukan pressing lebih ketat untuk meredam serangan Indonesia," tegasnya.(Net/Hen)

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar