Atasi Karhutla dan Cek Perlengkapan

Polres Pelalawan Gelar Rakor Bersama Forkopimda, Ini yang Dibahas

Polres Pelalawan mengelar rapat koordinasi (Rakor) bersama forum pimpinan kepala daerah (Forkopimda) Kabupaten Pelalawan, di aula Teluk Meranti, Polres Pelalawan, Selasa (3/10/2023) sia

PELALAWAN--(KIBLATRIAU.COM)-- Polres Pelalawan mengelar rapat koordinasi (Rakor) bersama forum pimpinan kepala daerah (Forkopimda) Kabupaten Pelalawan, di aula Teluk Meranti, Polres Pelalawan, Selasa (3/10/2023) siang.

Guna menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan sekaligus pengecekan perlengkapan serta patroli Karhutla bersama Forkopimda Kabupaten Pelalawan.

Rakor Karhutla langsung dipimpin Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto SH, SIK, dan dihadiri Bupati Pelalawan H.Zukri Misran, Pamatwil Polda Riau diwakili Wadir Lantas Polda Riau AKBP Nurhadi Ismanto, SH, SIK, Dandim 0313 / KPR Letkol ARH Muliyadi, SIP, Wakapolres Kompol Dwi Yatmoko, STP, SIK, MIK, Kepala BPBD Zulfahmi SE, MSi, Kajari Pelalawan M. Nasir, SH MH diwakili Kasi Pidum Niky Junismero, SH, MH.

Selain itu, para Pejabat Utama Polres Pelalawan, Kapolsek Jajaran Polres Pelalawan, Camat se- Kabupaten Pelalawan, Perwakilan Perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Pelalawan.

Dalam sambutannya Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto, SH. SIK menyampaikan bahwa dalam penanganan bencana Karhutla diperlukan sinergitas dan kerjasama yang baik antar stakholder, dan edukasi kepada masyarakat dengan mengedepankan upaya pencegahan.

"Jadi di dalam kegiatan pemadaman di perlukan gerak cepat dan respon yang tinggi sehingga dalam penanganan karhutla tidak saling menyalahkan. namun apabila terjadi kebakaran diharapkan dapat ikut turun langsung ke lapangan secara bersama untuk menangani karhutla yang terjadi," ujar Kapolres.

Ditegaskan AKBP Suwinto, perlu secara bersama-sama berkomitmen dalam menangani karhutla di Kabupaten Pelalawan. Oleh sebab itu diharapkan dapat meningkatkan dan mengedepankan upaya pencegahan karhutla di tengah masyarakat dengan cara sosialisasi dan patroli bersama di lokasi rawan terjadinya karhutla secara kontinyu.

"Apabila terjadi karhutla dapat segera di lakukan upaya verifikasi untuk segera mengambil langkah penanganan karhutla yang lebih baik dan lebih cepat." terang Kapolres.

Ditambahkan Kapolres, untuk memenuhi infrastruktur sarana dan prasarana akan disiapkan untuk menangani karhutla di Kabupaten Pelalawan tentunya dengan melibatkan peran serta stakholder dan  perusahaan yang berada di Kabupaten Pelalawan.

Usai rapat acara dilanjutkan dengan Pemeriksaan ke siap siagaan peralatan penanganan Kkrhutla yang digelar oleh stakholder dan perusahaan-perusahaan yang berada di Kabupaten Pelalawan. Kemudian dilanjutkan patroli tim penanganan karhutla bersama Forkopinda ke daerah rawan terjadi karhutla di Kelurahan Pangkalan Kerinci. (Sa)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar