Melintas di 8 Negara

Melihat Gerhana Matahari Cincin Api 14 Oktober 2023 secara Online

Gerhana Matahari Cincin

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Gerhana Matahari Cincin Api akan terjadi pada tanggal 14 Oktober 2023 di sebagian wilayah di Bumi. Sayangnya, fenomena 'Ring of Fire' Solar Eclipse atau Annular Solar Eclipse ini tidak bisa disaksikan secara langsung dari wilayah Indonesia.Seperti dilansir Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat, NASA, Gerhana Matahari Cincin Api pada 14 Oktober 2023 ini akan melewati belahan Bumi bagian barat. Wilayahnya meliputi Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan."Pada 14 Oktober 2023, gerhana matahari annular akan melintasi Amerika Utara, Tengah, dan Selatan. Gerhana ini akan terlihat oleh jutaan orang di belahan bumi barat," tulis NASA dalam keterangan yang dilansir laman resminya.

Menurut NASA, Gerhana Matahari Cincin Api 2023 dapat diamati di jalur selebar 118 hingga 137 mil (190 hingga 220 kilometer). Jalur tersebut akan melewati Amerika Serikat bagian barat sebelum menuju Meksiko, Amerika Tengah, dan sebagian Amerika Selatan.Lebih lanjut, NASA menyebutkan bahwa fenomena Gerhana Matahari Cincin Api pada tanggal 14 Oktober 2023 itu akan melewati 8 negara bagian di Amerika Serikat (AS). Berikut negara bagian yang akan terkena gerhana secara kronologis:Untuk melihat fenomena Gerhana Matahari Cincin Api dengan aman diperlukan penggunaan filter pelindung Matahari. Hal ini lantaran meskipun hanya melihat gerhana sebagian, risiko terhadap penglihatan mata akan tetap sama.

Kacamata khusus untuk Gerhana Matahari diperlukan jika ingin melihat langsung ke langit. Bahkan filter Matahari juga diperlukan ketika melihat melalui kamera, teleskop, atau teropong karena selain untuk melindungi mata juga untuk melindungi peralatan."Selama Gerhana Cincin, tidaklah aman untuk melihat langsung ke matahari tanpa pelindung mata khusus yang dirancang untuk melihat matahari," pesan NASA.Adapun bagi masyarakat di luar wilayah yang dilalui Gerhana Matahari Cincin Api 14 Oktober 2023 itu, seperti masyarakat di wilayah Indonesia yang tidak bisa menyaksikan fenomena secara langsung, masih dapat menyaksikannya secara online.Untuk menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Cincin api tanggal 14 Oktober 2023 secara online dapat melalui live streaming atau siaran langsung yang dibagikan oleh NASA. Dilansir laman NASA, berikut informasinya:

Untuk diketahui, Gerhana Matahari Cincin Api adalah peristiwa Gerhana Matahari yang terjadi ketika Bulan melintas tepat di depan Matahari, namun tampak terlalu kecil untuk menutupi seluruh permukaan Matahari. Sehingga menghasilkan apa yang tampak seperti cincin api di langit.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar