Apel Dipimpin Wakapolres

Polres Pelalawan Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Kampanye Pemilu 2024

Polres Pelalawan Gelar Apel Kesiapan Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023 - 2024 tahap II dalam rangka Pengamanan Kampanye Pemilu Serentak Tahun 2024, Selasa (28/11/2023)

PELALAWAN --(KIBLATRIAU.COM)-- Polres Pelalawan Gelar Apel Kesiapan Operasi Mantap Brata Lancang Kuning 2023 - 2024 tahap II dalam rangka Pengamanan Kampanye  Pemilu Serentak Tahun 2024.

Apel gelar pasukan yang dipimpin Wakapolres Pelalawan, Kompol Dwi Yatmoko, STP, SIK, MIK di halaman Mapolres Pelalawan, diikuti Pejabat utama Kapolsek, Perwira dan Personil Polres Pelalawan, Selasa (28/11/2023).

Dalam amanat Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto SH, SIK yang dibacakan Waka Polres Pelalawan, bahwa Operasi Mantap Brata tahun 2023-2024.

Dilaksanakan selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024 dengan melibatkan 261.695 personel di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan jalannya Pemilu tahun 2024.

"Jadi kita dari Polres Pelalawan telah membentuk pola pengamanan sistem wilayah atau zonasi. Yang terbagi dalam 3 zonasi, bukan hanya itu, Polres Pelalawan juga telah menyiapkan sebanyak 70 personel untuk pengamanan tahapan kampanye ini," ujar Wakapolres Pelalawan.

Serta dalam operasi mantap brata tahap masa kampanye telah menyiapkan satu kompi kerangka sebagai pasukan power on hand kasatwil yang siap dimobilisasi kapanpun dan di manapun ke seluruh wilayah Kabupaten Pelalawan.

"Sebagai dukungan terhadap operasi mantap brata 2023-2024, Polres Pelalawan juga telah menggelar operasi nusantara cooling system 2023-2024," tuturnya.

Sementara Operasi ini dilaksanakan untuk membangun narasi besar bahwa persatuan dan kesatuan, serta kemajuan bangsa di atas kepentingan Pribadi atau kelompok.

"Dalam operasi ini juga dilengkapi dengan satgas anti money politik dan satgas pemilu damai untuk mengantisipasi terjadinya polarisasi akibat berita hoaks, isu sara, propaganda firehose of falsehood dan black campaign," tegas mantan Wakapolres Inhu tersebut.

Operasi mantap brata diminta masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas kamtibmas pada pemilu 2024, serta agar masyarakat mengetahui berbagai upaya pengamanan yang telah kita lakukan.

"Bagi wilayah yang tergolong memiliki kerawanan tinggi dan sangat rawan, segera lakukan langkah antisipasi. Sedangkan bagi wilayah lainnya, jangan underestimate dengan tetap mempersiapkan pengamanan sebaik mungkin," ujarnya

Ditambahkan Wakapolres, diminta untuk terus melakukan mapping potensi konflik sosial secara detail di wilayahnya masing-masing dan selesaikan potensi konflik tersebut hingga ke akar masalah.

"Apabila terdapat konflik yang sudah mengganggu pelaksanaan masa kampanye dan stabilitas kamtibmas, maka pastikan penggunaan kekuatan dilakukan secara tepat sesuai sop dengan memegang teguh asas proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas serta nesesitas. Khusus terkait bencana alam, koordinasikan dengan TNI, BNPB, BMKG,  BASARNAS dan stakeholder lainnya guna memetakan daerah rawan, sehingga bencana dapat dimitigasi dengan cepat," pungkasnya." l. (Sa)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar