Mahasiswa Dituntut Kreatif

Fikom UIR Gelar Seminar Bulanan, Ini yang Disampaikan Pemateri

Muhammad Rizal SE

Laporan :  Hestiana Ramadhani

Pekanbaru

 

           FAKULTAS  Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Islam Riau (UIR)  yang berada di Jalan Kaharuddin Nasution menggelar acara seminar bulanan yang berlangsung di Aula Fakultas Fikom, Kamis (30/11/2023). Acara seminar ini, dihadiri  Muhammad Rizal SE Stasion Manager Group of Kompas Gramedia dan ditemani oleh Dosen Fikom UIR Dr Yudi Daherman,S.Sos,M.I.Kom.

Dalam acara seminar bulanan itu, Muhammad Rizal  datang dalam misi memperkenalkan dan memberikan  informasi tentang radio masa kini ,harus cakap digital. Sebagaimana dalam acara seminar itu, yang menjadi pemateri yakni Muhammad Rizal SE dan juga  Dr Yudi Daherman,S.Sos,M.I.Kom. Selain itu, tampak hadir  Dekan Fikom UIR Dr. Muhd. Ar Imam Riauan, M.I.Kom beserta Sekretaris program studi Ilkom Al Sukri.,M.I.Kom dan beberapa Dosen Fikom UIR lainnya.

Dalam kesempatan itu, Al Sukri.,M.I.Kom yang menjadi pembuka kata sambutan acara bahwa ia berharap kegiatan seminar bulanan pada bulan ini menjadi pelecut bagi mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan intelektual yang berkaitan dengan kegiatan  ilmiah itu hidup di kampus.''Kita sangat apresiasi kegiatan seminar yang dilakukan. Semoga dengan adanya kegiatan ini membuat mahasiswa semakin tinggi minatnya untuk belajar, sehingga menambah wawasan kedepannya. Selain itu, kita juga berpesan  kepada mahasiswa Ilkom dituntut untuk menjadi orang kreatif sebagai seorang konten kreator dengan menciptakan konten-konten yang bisa ditampillam dan dinikmati oleh orang banyak,'' ujar Al Sukri.

 


Sementara itu, dalam pemaparannya, Muhammad Rizal SE menyampaikan kepada Mahasiswa Fikom UIR supaya bagaimana ekstensi radio yang saat inii masih hidup dan masih berjalan. Dimana katanya, apabilla membicarakan tentang radio, bahwa radio  adalah media yang tak tertutup kemungkinan masih eksis.Karena, perkembangan masa kini, radio tak bisa meninggalkan era digitalisasi globalisasi. ''Pada radio masih tetap ada pendengar dan audiensnya.Dimana dilakukan dengan cara konterpensi melalui  streaming untuk mendengarkan radio dan paket yang dibutuhkan pun tidak banyak untuk mendengarkan radio secara streaming selama 1 jam kita cuma membutuhkan 60 mb,'' ujarnya.


Sambung Muhammad Rizal bahwa radio masa kini dikonsep digital sama juga dengan podcast tetapi yang dulunya tidak memakai gambar sekarang sudah memakai gambar. Selain itu, radio tidak membatasi media digital karena masih berkontemprensi  seperti youtube,instagram,fb,tiktok,twiter supaya radio tersebut tetap eksis di pendengarnya dan radio tidak bisa menolak media digital, karena perannya sangat besar untuk eksistensi dari sebuah radio di masa sekarang ini,episiensi radio dimana digital ini  sangat membantu terutamanya untuk streaming.'

'Ya kita berharap supaya Mahasiswa Fikom UIR ini bisa mengembangkan bakatnya seperti menjadi co-host,moderator,ataupun penyiar. Karena kita semua bisa menjadi host,tetapi harus belajar yang tiap  orangnya membutuhkan waktu yang berbeda  supaya menjadi bisa dan supaya eksis kita membutuhkan yang namanya konsistensi dalam satu bidang. Jadi intinya bila ingin eksis di radio kita harus bekerja keras,dimana kita tidak lengah terhadap  perkembangan teknologi sekarang,'' sebutnya.

Sementara itu, Dr.Yudi Daherman,S.Sos,M.I.Kom saat memberikan beberapa materi tentang radio masa kini , dimana harus cakap digital yang dominan digunakan aplikasi radio sudah terbatas.''Saat digitalisasi banyak stasiun radio beralih dari siaran analog  ke format digita. Selain itu, Fikom UIR  punya yang namanya komunikasi podcast. Oleh sebab itu, untuk mahasiswa  yang memang tertarik di dunia broadcasting dan penyiaran radio maka perdalamlah ilmunya. Kegiatan seminar bulanan yang dilaksanakan  ini sangat bermanfaat dalam menambah ilmu tentang penyiaran,'' harap Yudi. ***
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar