Bakal TC di Turki

Mentereng, Inilah Starting XI Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Starting Timnas Indonesia

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Indonesia telah mendaftarkan 50 pemain sebagai entry by name untuk Piala Asia 2023 Qatar yang akan digelar pada 12 Januari-10 Februari 2024.Namun, tim berjulukan Skuad Garuda itu hanya bisa menyertakan  maksimal 23 pemain sesuai regulasi Piala Asia 2023.Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kemungkinan akan membawa 30 pemain untuk pemusatan latihan di Turki pada 20 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024.Training camp Timnas Indonesia di  Turki menjadi bagian dari persiapan Timnas Indonesia sebelum Piala Asia 2023, termasuk beruji coba dua kali dengan Timnas Libya dan Timnas Iran.

Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia masuk Grup D. Skuad Garuda akan menghadapi Timnas Jepang, Timnas Irak, dan Timnas Vietnam.Lantas, bagaimana prediksi starting eleven Timnas Indonesia di Piala Asia 2023? Berikut Bola.com mengulasnya  sesuai kebiasaan Shin Tae-yong yang mematenkan pakem 3-4-2-1.Shin Tae-yong kemungkinan akan membawa tiga kiper yang terdiri dari Ernando Ari, Nadeo Argawinata, dan Muhammad Riyandi ke Piala Asia 2023. Nama pertama berpeluang untuk  menjadi penjaga gawang utama. Skema ini cukup mentereng.

Ernando menjadi kiper inti dalam partai terakhir Timnas Indonesia ketika diimbangi Timnas Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 21 November 2023.Sementara itu, trio bek dapat diisi Rizky Ridho, Jordi Amat, dan Justin Hubner. Nama  terakhir tinggal menunggu pengesahan peralihan federasi di FIFA sebagai syarat membela Timnas Indonesia.Justin Hubner bakal menyingkirkan Elkan Baggott. Keduanya bertipikal mirip. Sama-sama berposisi bek tengah kiri karena berkaki kidal. Keduanya  juga jangkung sebagai palang pintu. Namun, Hubner mempunyai keunggulan karena lebih sering bermain di level klub ketimbang Baggott.Shin Tae-yong masih belum bisa memanfaatkan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On untuk Piala Asia 2023. Sebab, bek  kelahiran Belanda itu belum mengambil sumpah kewarganegaraan RI.


Timnas Indonesia punya banyak pemain yang layak bermain sebagai starter, sehingga sejumlah pemain bisa saja dimainkan bukan di posisi aslinya.Misalnya Sandy Walsh, bek naturalisasi berusia 28 tahun itu dapat digeser sebagai gelandang tengah daripada  menyaingi Asnawi Mangkualam sebagai wing back kanan.Sandy Walsh pernah bertanding dalam pos itu ketika membantu Timnas Indonesia menang enam gol tanpa balas atas Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 12 Oktober  2023.

Jika sudah pulih dan dalam kondisi prima, Ivar Jenner pantas dicoba untuk menjadi jenderal lapangan tengah Timnas Indonesia, alih-alih Marc Klok yang belakangan performanya kurang menggigit.Posisi wingback kiri Timnas Indonesia akan diperebutkan  oleh Shayne Pattynama dan Pratama Arhan. Namun, nama pertama kemungkinan unggul karena memiliki lebih banyak pengalaman dan jam terbang di level klub.Dua gelandang serang Timnas Indonesia berpeluang menjadi milik Saddil Ramdani dan  Marselino Ferdinan. Namun, nama terakhir harus berlomba dengan waktu untuk memulihkan kondisinya pasca-cedera.

Pilihan Shin Tae-yong untuk striker tunggal Timnas Indonesia kemungkinan jatuh kepada Rafael Struick, penyerang muda dengan teknik yang cukup lengkap, namun perlu dimatangkan.Struick adalah tipikal pemain yang mobile. Dia rajin menjemput bola  dan membuka ruang. Pesepak bola berusia 20 tahun ini juga bisa bermain di tengah dan sayap.Struick bakal mendapatkan saingan dari Ramadhan Sananta dan Dendy Sulistyawan. Namun, peluangnya untuk ditunjuk sebagai striker utama terbilang lebih  besar mengingat selalu menjadi pilihan utama dalam beberapa penampilan belakangan.(Net/Hen)

Prediksi Starting XI


Timnas Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Shayne Pattynama; Saddil Ramdani, Marselino Ferdinan; Rafael Struick

Jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023
15 Januari 2024

Timnas Indonesia vs Irak

Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan

Kick-off 21.30 WIB

19 Januari 2024

Vietnam vs Timnas Indonesia

Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha

Kick-off 21.30 WIB

24 Januari 2024

Jepang vs Timnas Indonesia

Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan

Kick-off 18.30 WIB


Berita Lainnya...

Tulis Komentar