Jadi Garda Terdepan

Agustiar Nakhodai Ketua Forum RT/RW Kerinci Kota

Pengurus Forum RT/RW dan Kaling se Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan dilantik di Balai Seminai, Rabu (13/12/2023) malam.

PELALAWAN -- (KIBLATRIAU.COM)--Pengurus Forum RT/RW dan Kaling se Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan dilantik di Balai Seminai, Rabu (13/12/2023) malam.

Agustiar alias Cek Mat menakhodai Ketua Forum Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW)  kelurahan Kerinci Kota, setelah resmi dilantik bersama  pengurus Kepala Lingkung (Kaling) oleh Lurah Pangkalan Kerinci Kota, Fitrah, S.STP, MAP.

"Selamat kepada pengurus Forum RT dan RW serta Kaling Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota. Semoga amanah dan tugas yang diberikan dapat dijalankan dengan baik," ungkap Lurah Pangkalan Kerinci Kota, Fitrah, S.STP, MAP dalam sambutannya.

Dipaparkan Fitrah, bahwa forum elemen masyarakat terkecil ini juga merupakan garda terdepan dalam menyampaikan berbagai program kebijakan daerah yang sudah dan akan dikeluarkan Pemkab Pelalawan.

"Saya meminta kepada forum RT dan RW serta Kaling ini menjadi penyambung lidah dari berbagai program kebijakan daerah yang dikeluarkan Pemkab Pelalawan. Sehingga dengan begitu, masyarakat menjadi tahu program-program Pemkab Pelalawan untuk mensejahterakan masyarakat," ujar Lurah Pangkalan Kerinci Kota.

Dalam pelantikan itu langsung dihadiri Bupati Pelalawan H Zukri dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Pelalawan dan Bhabinkamtibmas Pangkalan Kerinci, Aipda Rudi Salam, serta sekitar 120 Ketua RT dan RW memadati Balai Seminai tersebut.

Bupati Pelalawan, H Zukri, dalam arahannya di kesempatan itu menyatakan bahwa banyak fungsi dan peran dari forum RT/RW dan Kaling yang baru terbentuk ini. Apalagi seorang RT, dimana segala macam keluhan dan aduan warga harus ditampung selama 24 jam.

"Peran RT sangat luar biasa. Semua ditampung, dari mulai pertengkaran rumah tangga sampai kadang-kadang hal yang tak masuk akal pun, harus diselesaikan RT juga. Karena itu, pemerintah berencana tahun depan akan menaikkan gaji RT," tegas Zukri.

Ditambahkan Zukri, dimana para RT/RW dan Kaling harus bisa bermanfaat maksimal bagi warganya. Artinya, anak yatim, lansia dan warga yang mampu harus benar-benar didata agar tak satu pun dari mereka tak terakomodir program-program pemerintah.

"Karena itu, saya wanti-wanti dengan Pak RT/RW dan Kaling untuk bisa mendata anak yatim jangan sampai ada yang tak terima bantuan dari pemerintah. Karena menyediakan anggaran  mencapai Rp 15,9 miliar per tahun.," tegas Zukri yang juga Ketua PDI Perjuangan Provinsi Riau tersebut.

Lanjut Bupati Pelalawan,.ada program pengobatan gratis dimana masyarakat Pelalawan hanya tinggal memperlihatkan saja KTP Pelalawan maka segala biaya pengobatan ditanggung Pemkab Pelalawan. Untuk program pengobatan gratis ini, Pemkab Pelalawan menyediakan dana sampai Rp24 miliar per tahun.

"Karena itulah, bagi RT dan RW dan Kaling terus lah berbuat baik untuk kesejahteraan masyarakat. Adanya Forum RT/RW dan Kaling ini membuat Pemkab Pelalawan dapat bekerja maksimal, karena kerja ini kerja mulia. Dengan niat yang mulia akan mengharapkan pahala di akhirat nantinya," pungkasnya. (Sa)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar