Jelang Piala Asia 2023

Menerka Formasi Timnas Indonesia hadapi Libya pada Uji Coba

Timnas Indonesia - Shin Tae-yong, Marc Klok, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Indonesia akan menghadapi Libya pada laga uji coba jelang Piala Asia 2023 yang akan berlangsung di Antalya, Turki, Selasa (2/1/2024). Laga ini wajib dimaksimalkan skuad Garuda.Laga melawan Libya merupakan edisi pertama yang dilakukan Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023. Selain itu, Timnas Merah Putih juga akan menghadapi Libya lagi (5/1/2024) dan melawan Iran (9/1/2024) di Qatar.Ketiga laga itu menjadi tolok ukur kesiapan dari Timnas Indonesia jelang bertempur di Piala Asia 2023. Wajar bila pelatih Shin Tae-yong akan menurunkan susunan pemain terbaik demi meraih hasil maksimal.Lantas, bakal seperti apa susunan pemain yang akan diturunkan Shin Tae-yong? Berikut ini prakiraan starting Timnas Indonesia saat menghadapi Libya versi Bola.com.

Ernando Ari diprediksi bakal menjadi andalan di bawah mistar gawang Timnas Indonesia. Kiper Persebaya Surabaya itu memang sering jadi andalan pelatih Shin Tae-yong.Ernando Ari langganan Timnas Indonesia sejak masih di skuad U-23. Adapun bersama Timnas Indonesia senior sang kiper sudah mengemas lima penampilan di berbagai ajang.Ernando Ari merupakan kiper yang pandai membaca arah bola dan punya refleks bagus. Sejauh ini, kiper berusia 21 tahun itu sudah kebobolan empat kali dan mencatatkan dua clean sheets buat Timnas Indonesia.

Di lini belakang, Shin Tae-yong sepertinya akan mengandalkan tiga bek. Mereka adalah Wahyu Prasetyo di sektor bek kiri, Jordi Amat, sebagai bek tengah, dan Rizky Ridho sebagai bek kanan.Kehadiran tiga bek sejajar ini bakal menjadi tembok kukuh buat Timnas Indonesia. Apalagi ketiganya dikenal sebagai bek yang tangguh dan selalu mati-matian mengawal area pertahanan.Selain itu ketiganya juga didukung postur tubuh tinggi. Keunggulan ini tentu bisa dimaksimalkan dalam duel-duel bola udara.
Adapun di lini tengah, Marc Klok dan Ricky Kambuaya akan diduetkan di posisi gelandang bertahan. Keduanya bisa berbagi tugas saat bertahan dan membantu serangan.Peran keduanya akan semakin maksimal karena didukung dua bek sayap yang siap maju mundur dalam menjelajahi lapangan. Asnawi Mangkualam di plot sebagai gelandang sayap kanan.Adapun Shayne Pattynama akan dimainkan di posisi gelandang sayap kiri. Menarik untuk menantikan kerja sama semuanya dalam mengawal area tengah Timnas Indonesia.

Di posisi depan ada Marselino Ferdinan yang menjadi gelandang serang. Kehadirannya juga dapat dimaksimalkan untuk menjadi pemecah kebuntuan.Selain itu, lini serang Timnas Indonesia akan bergantung pada ketajaman Rafael Struick dan Dimas Drajad. Duet keduanya disinyalir bakal menghadirkan ancaman nyata buat lawan.Apalagi Dimas Drajad sedang dalam kepercayaan diri tinggi. Dalam empat laga yang sudah dimainkan bersama Timnas Indonesia, sang pemain selalu mencetak gol dan sudah mengemas enam gol.(Net/Hen)

Prakiraan Formasi

Timnas Indonesia (3-4-3): Ernado Ari (kiper), Wahyu Prasetyo, Jordi Amat, Rizky Ridho (belakang), Marc Klok, Ricky Kambuaya, Shayne Pattynama, Asnawi Mangkualam (tengah), Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Dimas Drajad (depan)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar