Disampaikan Komisioner KPU RI

Inilah 5 Info Baru Debat Ketiga Pilpres yang Diumumkan KPU RI

Debat Pilpres 2024 perdana

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- KPU RI mengumumkan informasi terbaru mengenai debat ketiga Pilpres 2024. Informasi tersebut mulai dari lokasi, moderator, hingga subtema.Hal itu disampaikan Komisioner KPU RI August Mellaz di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2024). Berikut rangkumannya.

1. Istora Senayan
Debat ketiga akan dilaksanakan pada Minggu, 7 Januari 2024. Lokasinya di Istora Senayan.

"Jadi untuk debat ketiga itu akan dilaksanakan pada 7 Januari tahun 2024 bertempat di Istora, tempatnya di Istora Senayan," kata Mellaz.Debat ketiga akan digelar pukul 19.00 WIB. Debat ketiga akan berdurasi 120 menit.

2. Moderator
KPU juga telah menentukan dua nama moderator debat ketiga Pilpres 2024. Dua nama itu, diantaranya Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki."Yang akan menjadi moderator pada pelaksanaan debat ketiga nanti ada Anisha Dasuki dan Aryo Ardi," kata Mellaz.

3. Tambahan Subtema
KPU menambah subtema debat ketiga Pilpres 2024. Total ada 6 poin pembahasan dalam debat ketiga nanti."Temanya itu Pertahanan, Keamanan Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri. Kemarin kan posisinya 4 tema," kata Mellaz."Nah Pertahanan dan Keamanan tetap jadi tema tersendiri, kemudian Hubungan Internasional kami expand dengan Globalisasi, kemudian Geopolitik sebagai isu tersendiri itu kami expand dengan Politik Luar Negeri," sambungnya.

4. Panelis
Nama-nama panelis debat ketiga Pilpres 2024 turut diumumkan. Terdapat 11 orang yang telah menyatakan bersedia menjadi panelis debat."Kemudian yang dapat kami update lagi itu, kami sudah mendapatkan konfirmasi dan kesediaan dari 11 orang debat ketiga nanti," kata Mellaz.Nama-nama panelis itu telah disepakati oleh masing-masing tim pasangan calon. Nantinya, para panelis itu akan dikarantina.

Berikut daftar 11 nama panelis debat ketiga:

-Prof. Angel Damayanti, Ph.D (Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia)
-Curie Maharani Savitri, Ph.D (Dosen Hubungan Internasional, ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Binus)
-Prof. Evi Fitriani, Ph.D, (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia)
-Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D (Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani)
-I Made Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D (Ahil Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada)
-Dr. lan Montratama (Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina)
-Irine Hiraswari Gayatri, Ph.D (Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional)
-Dr. Kusnanto Anggoro (Pakar Keamanan Universitas Pertahanan)
-Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio (KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan)
-Philips J. Vermonte, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS)
-Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.I.P. S.SI., M.T, M.SI. (Han) (Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaren)

5. Media Penyiar
MNC Group tetap menjadi media penyelenggara debat ketiga Pilpres 2024 di tengah komplain dari paslon 01 dan 02. KPU menyampaikan jika hal itu telah tertuang dalam Surat Keputusan (SK) KPU."Jadi media penyelenggaranya, sebagaimana SK KPU, itu kan sudah terbagi itu, media penyelenggara untuk debat pertama siapa, debat kedua siapa, debat ketiga siapa, debat keempat siapa, sampai debat kelima. Nah ini tetap dilakukan oleh MNC," kata Mellaz

Meski begitu, Mellaz menuturkan akan ada pembicaraan-pembicaraan lanjutan. Mengingat, kata dia, masih ada waktu yang tersedia."Sebagai satu fakta bahwa SK KPU memang begitu. Tapi kan ada waktu yang tersisa. Nanti ada pembicaraan-pembicaraan lebih lanjut. Kan ini bukan berarti pertemuan yang terakhir," jelas dia.Namun, Mellaz mengatakan dalam rapat hari ini dihadiri oleh KPU, tim pasangan calon dan MNC Group. Dia menyebut rapat hari ini membahas terkait layout hingga panelis debat.

"Tapi sampai saat ini, tadi yang hadir dalam pertemuan adalah KPU, media penyelenggara dalam hal ini adalah MNC, dan juga tim paslon," ujarnya."Kami membicarakan banyak hal terkait dengan detail, kami juga mengupdate panelis, termasuk layout segala macam," sambung dia.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar