Gerakan Menuju 100 Smart City

Walikota Pekanbaru Resmikan Percepatan Pekanbaru Smart City Madani

Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT foto bersama dengan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru Senin (22/10)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU. COM) -- Kegiatan 
penandatanganan Komitmen Bersama Percepatan Pekanbaru Smart City Madani digelar di Ballroom Hotel Evo lantai VI, Senin  (22/10/2018). 

Sementara itu,  acara bertajuk gerakan menuju 100 smart city sekaligus penandatanganan komitmen bersama percepatan Pekanbaru smart city madani ini diresmikan oleh Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST M. 

Dalam  sambutannya,  Kepala Dinas Diskominfo Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra ST MT mengatakan dalam tahun ini Pekanbaru dinyatakan telah lulus sebagai salah satu dari 25 kota yang mengikuti gerakan 100 smart city yang ada di Indonesia.

"Ya Kota Pekanbaru mengikuti assesment gerakan menuju 100 smart city.  Alhamdulillah tahun ini Pekanbaru dinyatakan telah lulus sebagai salah satu dari 25 kota yang mengikuti gerakan menuju 100 smart city di Indonesia," ujar Eka. 

Dan salah satu dari rangkaian acara ini dilakukan oleh pemerintah pusat melalui kominfo melakukan bimbingan terhadap di kota-kota yang ada di Indonesia agar dapat menyusun master plan yang ada di daerah masing-masing.

"Dan pada kesempatan kali ini kita telah membentuk dewan pekanbaru smart city yang berisikan berbagai stackholder dari pilar smart city . Selain itu  kita akan membentuk teknis pekanbaru smart city yang bertugas sebagai merumuskan apa saja program-program percepatan pekanbaru smart city dan akan diringkas kembali menjadi program ringkas yang disebut dengan quickin," terangnya.


Ditambahkan Eka, dalam acara  ini merupakan tahapan terkahir dari bimbingan teknik (bimtek) yang telah dilakukan dengan tujuan untuk memfinalisasi master plan smart city pekanbaru serta melakukan penandatanganan komitmen seluruh kepala OPD bersama Walikota Pekanbaru.

"Sebelumnya kita sudah melakukan bimbingan teknik yang pertama pada tanggal 4-5 juli, dan bimtek yang kedua pada tanggal 14-15 Agustus, dan bimtek yang ketiga pada tanggal 13-14 September. 

Dan dan yang kita lakukan pada hari ini merupakan bimtek yang terakhir dimana dalam bimtek ini nanti akan difinalisasi master plan smart city pekanbaru. Kemudian juga pertemuan kita hari ini akan dilakukan penandatangan komitmen seluruh kepala (Operatur Perangkat Daerah (OPD) bersama walikota menyangkut program pekanbaru smart city, " tutup Eka.

Wali Kota Pekanbaru Dr Firdaus ST MT menyampaikan,  bahwa gerakan ini bertujuan untuk membimbing Kota Pekanbaru agar lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, terkhusus dalam bidang pelayanan terhadap masyarakat. 

"ini kita sudah pelatihan yang ke IV disertai komitmen sebuah OPD untuk mengimplementasikan apa yang menjadi agenda, " ujar Firdaus. (Kur)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar