Kota Terendam Air

Banjir Bagaikan Kiamat di Dubai, Mengguncang Kota yang Indah

Banjir di Dubai

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)--  Jika Dubai adalah kota Instagram terbaik, maka ini adalah minggu di mana filter tersebut muncul.Mengutip BBC, Sabtu (20/4/2024), selama 48 jam yang belum pernah terjadi sebelumnya, langit di atas Uni Emirat Arab menjadi gelap dan badai dahsyat menghanyutkan lanskap Dubai yang sangat indah. Sekitar 25 cm hujan, sekitar dua kali lipat dari rata-rata tahunan UEA, turun dalam satu hari. Kejadian itu membuat sebagian besar infrastruktur luar ruangan kota terendam air.Jordache Ruffels, seorang ekspatriat Inggris yang tinggal di Dubai, mengatakan bahwa saat mengalami badai itu seperti "hidup di tengah-tengah kiamat".

Dia menyaksikan dari apartemennya yang menghadap ke marina yang biasanya tenang di kota ini, lalu ada perabotan rumah tangga terlempar dari balkon akibat angin kencang dan mobil-mobil Rolls Royce yang ditinggalkan di jalan tiba-tiba berubah menjadi sungai.''Kami tinggal di tempat yang tinggi dan hampir tidak bisa melihat apa pun melewati balkon. Rasanya seperti tengah malam di tengah hari," katanya. Empat badai besar, masing-masing menjulang setinggi 15 km ke atmosfer dan didorong oleh aliran jet yang kuat, meluncur ke UEA satu demi satu, menurut peramal cuaca.

Hujan lebat di atas lanskap gurun di Teluk bukanlah hal yang baru, dan penduduk diperingatkan melalui sistem peringatan publik. Tapi infrastruktur cuaca Dubai tidak siap untuk menghadapi hujan terburuk sejak tahun 1949.Dalam banyak hal, hanya sedikit kota modern yang bisa mengatasi besarnya banjir yang melanda Dubai minggu ini.

Atraksi-atraksi utama kota ini, yang sebagian besar berada di dalam ruangan untuk melindungi diri dari panas yang menyengat, berjuang keras untuk mengatasi masuknya air yang tiba-tiba datang.Caroline Seubert, 29 tahun, dari Inggris, sedang bersama suaminya di sebuah pusat perbelanjaan saat badai menerjang.''Mal itu banjir, langit-langit runtuh. Kami disuruh keluar, tetapi metro ditutup dan taksi tidak beroperasi," katanya.''Kami terdampar, harus tidur di lobi mal semalaman," imbuh dia.

Matt Weir, seorang guru asal Inggris yang telah tinggal di Dubai selama 10 tahun, mengatakan bahwa "orang-orang sadar" badai akan datang namun kekuatannya membuat "lingkungan sekitar terendam air".Meskipun prakiraan cuaca terlihat lebih cerah untuk minggu depan, beberapa badai masih mungkin terjadi dan dengan jalan dan infrastruktur lainnya yang masih lumpuh, para penguasa Dubai sedang memperhitungkan biayanya.Presiden UEA Sheikh Mohammed bin Nahyan mengeluarkan perintah agar pihak berwenang segera bekerja mempelajari kondisi infrastruktur di seluruh UEA dan membatasi kerusakan yang ditimbulkan.Pegawai pemerintah telah diperintahkan untuk bekerja dari rumah hingga akhir minggu ini, sementara perusahaan-perusahaan swasta juga dihimbau untuk melakukan hal yang sama. Sekolah-sekolah di seluruh negeri telah ditutup.Sejauh ini, jumlah korban tewas resmi di UEA hanya satu orang, seorang pria tua yang meninggal ketika kendaraannya tersapu banjir di Ras Al Khaimah, menurut media lokal.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar