Hasil Euro 2024

Kalahkan Slovenia Adu Penalti, Portugal Lolos ke Perempat Final

Reaksi Cristiano Ronaldo usai mencetak gol ke gawang Slovenia saat adu penalti pada 16 besar Euro 2024, Selasa (2/7/2024) dini hari WIB

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Portugal melangkah ke perempat final Euro 2024. Tim berjulukan Selecao das Quinas mengalahkan Slovenia melalui adu penalti 3-0 (0-0) dalam duel babak 16 besar di Stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, Selasa (2/7/2024) dini hari WIB.Portugal harus berterima kasih kepada Diogo Costa, kiper yang menjadi penyelamat wajah Selecao das Quinas. Sebab mereka harus menyelesikan pertandingan via drama adu penalti.Bintang sekaligus kapten tim Portugal, Cristiano Ronaldo kembali menjadi sorotan setelah menangis di tengah pertandingan kontra Slovenia. Ia tertangkap kamera menangis usai gagal mencetak gol lewat titik putih pada waktu normal.Bola sepakan kaki kanannya digagalkan Jan Oblak. Namun Cristiano Ronaldo membayar kegagalannya di babak adu penalti. Ia menaklukkan Oblak, kemudian menunjukkan gestur meminta maaf kepada para pendukung timnya.

Ronaldo kembali didapuk sebagai kapten tim oleh pelatihnya Roberto Martinez di pertandingan ini. Seperti biasa ia mengawali laga sebagai starter, alias tampil sejak menit pertama.Ia mendapat pengaawalan ketat dari para pemain belakang Slovenia. Striker  Al-Nassr itu kesulitan membongkar pertahanan rapat Slovenia, bahkan hingga waktu normal 90 menit berakhir dan lanjut ke babak perpanjangan waktu.Wasit memberikan hadiah penalti kepada Portugal pada menit ke-103. Diogo Jota dijatuhkan di kotak  
terlarang, membuat wasit menunjuk titik putih, tanpa meninjau VAR terlebih dahulu.Cristiano Ronaldo yang menjadi eksekutor, gagal menjebol gawang Slovenia. Bola tendangannya ke arah kanan dapat dibaca Jan Oblak dengan tepisan dan hanya berbuah  sepak pojok. Bang Dodo tampak menangis usai kegagalan mencetak gol, sebab jika berhasil, Portugal bisa saja lolos lebih cepat tanpa melewati adu penalti.

Cristiano Ronaldo berlinang air mata setelah gagal mengeksekusi penalti saat memasuki perpanjangan waktu. Striker berusia 39 tahun itu awalnya hanya meletakkan kepala di tangan dan melanjutkan.Namun ketika babak pertama tambahan setengah jam  berakhir beberapa detik kemudian, emosinya meledak. Rekan satu tim mencoba menghibur Ron ketika air mata mengalir, sepertinya tak terkendali.Sementara itu, saat kamera menyorot ke tribun, ibunya juga tampak menangis. Ibu Maria Dolores dos Santos  Aveiro terlihat putus asa di tribun penonton setelah Jan Oblak dengan cemerlang menggagalkan tendangan penalti CR7 dalam permainan normal, sebelum adu penalti.

Namun ada kejadian menarik bagi legenda Manchester United itu ketika pertandingan berlanjut ke adu penalti. Ronaldo tidak hanya mencetak gol tetapi juga meminta maaf kepada fans Portugal, saat timnya meraih kemenangan 3-0 melalui adu penalti  menyusul hasil imbang 0-0.Namun, keadaan tampak berbeda pada menit ke-105, ketika Jan Oblak melakukan tendangan jarak jauh untuk menepis penalti kuat Ronaldi. Sang pemain mmemasuki pertandingan tersebut dengan rekor terburuk dalam karirnya  yaitu tujuh pertandingan di turnamen internasional tanpa mencetak gol.Dan saat Portugal kesulitan melawan pertahanan luar biasa Slovenia, Ron hanya memiliki beberapa peluang di waktu normal untuk mematahkan pertahanan tersebut.Kemudian datanglah  kesengsaraannya di perpanjangan waktu dari titik penalti.

Namun Ronaldo menunjukkan kekuatan mentalnya saat pertandingan berlanjut ke adu penalti. Dia melepaskan tendangan penaltinya ke arah sudut berlawanan dari kegagalan di kesempatan pertama.Dan alih-alih merayakannya, ia malah menyatukan  tangannya dan menunjukkan ekspresi rendah hati. Sebuah isyarat yang menyatakan maaf kepada pendukung negaranya di dalam Frankfurt Arena.Portugal kemudian meraih kemenangan adu penalti saat Slovenia gagal mengeksekusi penalti. Kiper Portugal,  Diogo Costa tampil luar biasa dengan menggagalkan tiga eksekutor Slovenia.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar