Sempena Tahun Baru Islam 1446 Hijriah

Pengurus Masjid Nurul Muhsinin Gelar Tabliq Akbar, Simak Penjelasan Ustadz Safrinaldi

Ustadz Dr Syafrinaldi SH MH saat sampaikan ceramah agama di Masjid Nurul Muhsinin, Rabu(10/7/2024)

Laporan:  Hendri Zainuddin
Pekanbaru


            SEMPENA memperingati tahun baru Islam 1446 Hijriah tahun 2024,  pengurus Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai mengelar tabliq akbar, Rabu (10/7/2023) usai salat isya berjamaah. Dalam pelaksanaan peringati tahun baru Islam I Muharram  itu ustadz yang menjadi penceramah agama  yakni ustadz H DR Safrinaldi SH MH.Sebelum pelaksanaan ceramah yamg disampaikan ustadz terlebih dahulu pembacaan ayat-ayat alquran yang dibacakan oleh ustadz Erwin, Adiba dan Aisyah. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan kata sambutan yang disampaikan Ketua RW 06 Ir Yuliyos Kahar.

Dalam sambutannya, Yuliyos mengucapkan terima kasih kepada pihak terutama kepada Ketua Pengurus Masjid Nurul Muhsinin Elda Rapel SH berserta jajarannya, karena telah menaja  acara tablik akbar sempena peringatan  tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah ini.

"Atas nama ketua RW 06 saya sangat mengucapkan  terima kasih yang tak terhingga kepada panitia pelaksana acara ini, yang telah bekerja keras, sehingga acara bisa berjalan aman dan lancar.

Selain itu, saya juga ucapkan terima kasih yang tinggi kepada ibu-ibu RW 06 yang telah membantu secara bersama-sama untuk  mensukseskan acara ini,  sehingga bisa berjalan dengan baik dan lancar. Terutama menyediakan makan bersama usai sholat magrib tadi. Semoga apa yang telah dilaksanakan akan mendapat pahala dari Allah SWT," ujar Yuliyos.

Sambung Yuliyos, pada kesempatan ini ia juga mengharapkan kepada semua jamaah yang ada di lingkungan RW 06  dalam  momen 1 Muharram ini semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT."Tidak terasa kita sudah memasuki tahun 1446 Hijriah dan bertambah umur kita. Namun, secara hakikinya umur kita semakin berkurang.Makanya dengan adanya tabliq akbar memperingati  I  Muharram 1446 Hijriah ini mari kita tingkatkan  amal ibadah kepada  Allah SWT," sebut Yuliyos.

Tambah Yuliyos namun yang terpenting dengan adanya kegiatan peringatan 1 Muharram 1446 Hijriah ini akan meningkatkan hubungan silaturahim antar warga yang ada di lingkungan RW 06, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai.

Sementara itu, ustadz H DR Safrinaldi dalam ceramah agamanya menyampaikan  dalam bulan Muharram ini banyak sekali kisah yang unik dan luar biasa yang dialami oleh para nabi selama menjalankan dakwah kepada umatnya masing-masing."Sebanyak 124 ribu malaikat yang diciptakan oleh Allah SWT. Semua malaikat yang dicipatakan itu mulia. Tapi , ada malaikat yang paling mulia, khususnya malaikat Jibril. Selain itu, ada nabi dan rasul yang mulia, tetapi ada satu yamg paling mulia yakni Nabi Muhammad SAW. Dimuka bumi ini seluruh masjid mulia. Tetapi, ada tiga masjid yang sangat dimuliakan Allah SWT yaitu, Masjid Haram, Masjid Nabawi dan Masjid Al Aqso," ujar ustadz Safrinaldi.

Dijelaskan ustadz Safrinaldi, selain itu dalam seminggu ada  delapan  hari, namun di dalam delapan hari itu ada satu hari yang dmuliakan oleh Allah SWT yakni hari Jumat. Kemudian dalam satu tahun ada satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT yakni bulan Ramadan. Selanjutnya dalam satu tahun selain bulan Ramadan ada empat bulan yang juga dimuliakan oleh Allah SWT. "Bulan itu, bernama bulan Zulkaidah, Bulan Zulhijah, Bulan Muharram dan Bulan Rajab. Jadi,  barang siapa yang beramal di dalam empat bulan itu, maka amalnya akan dilipatkan gandakan. 

Begitu, pula bagi yang melakukan dosa di empat bulan ini juga dosanya akan dilipatkan gandakan oleh Allah SWT. Alhamdulilah hari ini  kita dipertemukan oleh Allah SWT di salah satu bulan yakni  di bulan Muharram," kata ustadz Safrinaldi dengan suara keras yang merupakan ciri khasnya setiap menyampaikan ceramah.

Dikatakan ustadz Safrinaldi bahwa bulan Muharram adalah bulannya Allah SWT. "Bulan Muharram salah satu bulan yang paling mulia dari empat bulan lainnya. Karena, di dalam  bulan Muharram ini sangat banyak sekali kejadian-kejadian luar biasa yang terjadi dan dialami oleh para nabi dan rasul.

"Banyak peristiwa penting dan luar biasa dialami nabi. Seperti kisah Nabi Adam yang melakukan dosa kemudian dikeluarkan oleh Allah SWT didalam surga.Lalu, Nabi Adam berdoa dan meminta ampun kepada Allah SWT dengan waktu yang lama. Ada pendapat ulama, Nabi Adam berdoa selama 40 tahun dan ada juga yang mengatakan 400 tahun. Setelah lama berdoa, maka Allah SWT mengabulkan doanya Nabi Adam. Kejadain itu, terjadi pada bulan Muharram. Begitu, juga kisah Nabi Idris, Nabi Ibrahim, Nabi Yunus, Nabi  Nuh, serta Nabi Ayub. Semua kejadian yang luar biasa itu terjadi di bulan Muharram. Makanya sangat penting bagi kita untuk mengetahui kejadian yang sangat mulia di bulan Muharram yang dialami olen para nabi," ujar ustadz Safrinaldi.

Pada kesempatan ini ustadz Safrinaldi menyampaikan bahwa momentum peringatan tahun baru islam ini  supaya selalu memimta ampun dan bertobat kepada Allah SWT."Perbanyaklah minta ampun kepada Allah SWT dan selalu sabar dalam menjalani kehdiupan di dunia ini. Kita bisa lihat Nabi Ayub yang tetap sabar ketika diuji dalam kesulitan. Tetapi, karena sabar, Nabi Ayub kembali diberikan kemuliaan dan kemudahan oleh Allah SWT,. Kemudian tetap iklas, seperti iklasnya Nabi Ibrahim ketika diberikan ujian, " tutur ustadz Safrinaldi.***

 

 

 

 

 

 

 

 

.


Berita Lainnya...

Tulis Komentar