Persija Vs Arema:

Demi Tiket Semifinal

Piala Presiden 2024 - Persija Jakarta Vs Arema FC

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Dua tim dengan nama besar di Indonesia akan bertemu di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (24/7/2024): Arema FC dan Persija Jakarta.Mereka bentrok di matchday kedua Grup B Piala Presiden 2024.  Laga ini diprediksi berjalan seru. Lantaran dua tim sama-sama meraih kemenangan di laga pertama.Arema mempermalukan tuan rumah Bali United. Sedangkan Persija menumbangkan runner up BRI Liga 1 2023/2024, Madura United. Jadi, tambahan tiga  
poin bisa mengamankan posisi mereka ke fase selanjutnya.

Arema kini menuai banyak pujian. Lantaran mereka bermain efektif dan memperlihatkan pertahanan yang kokoh. Dengan hanya 32 persen ball possesion sudah cukup mengalahkan Bali United dengan skor tipis 1-0.Pelatih Arema, Joel Cornelli menegaskan  jika dia ingin mempertahankan filosofi dan karakter bermain tersebut."Saya ingin menjaga filosofi bermain kami. Bermain bagus di pertandingan pertama. Mungkin hanya sedikit mengubah sesuatu," tegas pelatih asal Brasil tersebut.Yang paling terlihat dari  filosofi Arema adalah pertahanan yang tangguh dan serangan cepat. Untuk pertahanan, mereka punya modal kiper tangguh yakni Lucas Frigeri.

Ketika kuartet pertahanan mereka ditembus, kiper 35 tahun itu jadi lawan yang sulit ditaklukkan. Saat melawan Bali United, dia melakukan lima save. Termasuk tendangan penalti. Sehingga dia terpilih jadi pemain terbaik di laga itu dan membuat  cleansheet.Saat melawan Persija, kiper asal Brasil itu tetap jadi andalan utama dibawah mistar. Sedangkan kuarter pertahanan, diprediksi tidak akan berubah.Tapi Joel optimis Achmad Maulana, Thales Lira, Choi Bo-kyung dan Ahmad Alfarizi akan lebih  
baik. Karena di pertandingan pertama, mereka masih coba adaptasi satu sama lain. Lantaran Thales dan Choi merupakan rekrutan baru musim ini.

Pertahanan kokoh milik Arema ini akan diuji barisan depan Persija yang dihuni pemain sarat pengalaman. Sebut saja Riko Simanjuntak, Marko Simic dan Gustavo Almeida. Nama terakhir merupakan striker yang musim lalu bermain untuk Arema dan sempat  memimpin daftar top skorer.Gustavo kini menemukan kembali ketajamannya. Striker asal Brasil itu mencetak gol penentu kemenangan saat melawan Madura United.Sepertinya, dia ingin memperlihatkan jika dirinya bisa bangkit dari cedera. Karena saat  
pindah paruh musim lalu ke Persija, Gustavo lebih sering berkutat dengan cedera.

Sehingga dia tak bisa bersaing lagi di bursa top skorer. Tentang ancaman dari Gustavo, kubu Arema sudah mengantisipasinya."Gustavo pemain yang mengesankan. Dia bagus dan kami tahu karakternya. Tapi, sepakbola bukan tentang satu pemain.  Melainkan secara tim. Tapi, Gustavo tetap jadi salah satu perhatian kami,” kata mantan asisten pelatih Corinthians, Brasil itu.Lebih lanjut, Joel melihat jika Persija punya materi pemain merata. Itu berdasarkan pengamatannya ketika Persija menang dari  
Madura United. Baik pemain starter maupun ada yang ada di bangku cadangan punya kualitas sama."Saya sudah melihat permainan Persija secara langsung. Mereka tim dengan organisasi permainan yang bagus. Pemain lokal, asing maupun yang ada di  bench punya kualitas merata,” pujinya.Meski demikian, dia tidak ingin menyerahkan tiga poin kepada Persija. Joel tetap akan menyiapkan kejutan untuk calon lawannya itu.

Sementara di kubu Persija, mereka merasa laga ini terasa lebih berat. Karena mental pemain Arema pasti meningkat setelah mengalahkan tuan rumah di laga pertama. Selain itu, Persija tahu jika Singo Edan punya kiper tangguh, Lucas Frigeri.“Pemain sudah  melakukan recovery. Kami senang menang di laga pertama. Tapi, laga selanjutnya lawan Arema akan lebih sulit. Mereka tim yang bermain baik. Begitu juga kipernya yang jadi pemain penting. 

Tapi, saya pikir Arema juga bermain bagus secara tim,” tegas  pelatih Persija, Carlos Pena.Dalam laga ini, tampaknya Persija akan mengubah komposisi pemainnya. Tapi Pena tidak ingin membuka strateginya sebelum pertandingan.Hanya saja dia memberikan clue jika skuat yang turun di babak kedua melawan Madura  United berhasil meningkatkan performa tim."Tidak mungkin membuka siapa saja yang akan bermain nanti. Tapi, pemain yang tampil terakhir saat lawan Madura United, mereka bisa menunjukkan permainan yang bagus,” jelas pelatih asal Spanyol tersebut. (Net/Hen)

 

Susunan Pemain

Arema FC (4-3-3): Lucas Frigeri (kiper); Achmad Maulana, Thales Lira, Choi Bo-Kyung, Ahmad Alfarizi (belakang); Jayus Hariono, Julian Guevara, Arkhan Fikri (tengah); Salim Tuharea, Charles Lokolingoy, Dedik Setiawan (depan).

Pelatih: Joel Cornelli

Persija Jakarta (4-4-2): Andritany Ardhiyasa (kiper); M Ferrari, Rizky Ridho, Ondrej Kudela, Firza Andika (belakang); Ryo Matsumura, Hanif Sjahbandi, Maciej Gajos, Riko Simanjuntak (tengah), Gustavo Almeida, Rayhan Hannan (depan).

Pelatih: Carlos Pena

Rabu, 24 Juli 2024
Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali
Kick Off 19.30 WIB
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar