Kajian Rutin Jumat Malam

Sampaikan Ceramah Agama di Masjid Nurul Haq, Beginilah Penjelasan Ustadz Zulkarnain Umar

Ustadz Zulkarnain Umar sampaikan tausiah peringatan Nuzul Quran di Masjid Nurul Haq, Jumat (26/7/2024)


Laporan :Hendri Zainuddin
Pekanbaru

 

         KAJIAN rutin terus dilaksanakan Pengurus Masjid Nurul Haq yang berada di Jalan Duyung, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai. Kali ini, tepatnya Jumat (26/7/2024),  ustadz yang menyampaikan ceramah agama yakni ustadz DR H Zulkarnain Umar MSi.Sebelum menjelaskan ceramah ustadz Zulkarnain Umar pertama-tama ia   mengucapkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT  yang telah memberikan nikmat yang tiada tara, sehingga bisa bersama-sama berkumpul di rumah Allah SWT ini dalam rangka mendengarkan majelis ilmu.


Selain itu, ustadz Zulkarnain Umar juga tak lupa menyampaikan salam dengan ucapan salawat kepada Nabi  Muhammad SAW. Karena, dengan banyak membacakan salawat , maka kelak akan diberikan safaat dan diakui oleh Nabi Muhammad SAW sebagai umatnya di yaumil akhir kelak.

Pada kesempatan ini, ustadz Zulkarnain Umar menyampaikan ceramah yang berkaitan hijrah dan muhajadah. Karena hijrah dengan muhajadah ini selalu bersamaan. Dimana pengertian hijrah dalam bahasa arab yakni meninggalkan sesuatu. " Artinya hijrah meninggalkan kehidupan yang jelek  menuju ke kehidupan yang baik. Sesungguhnya orang- orang yang beriman itu orang yang berhijrah  dengan harta dan dirinya dan bermuhajadah. Dimana, dalam alquran bahwa hijrah dan muhajadah sangat berkaitan erat," ujar ustadz Zulkarbain Umar.


Dijelaskan ustadz Zulkarnain Umar, bahwa Alllah SWT memerintahkan kepada Nabi Muhammad SAW dan para sahabat untuk hijrah dari Mekkah ke Madinah. Kenapa Nabi Muhammad SAW disuruh tingalkan Mekkah, ini tentu ada hal  yang terjadi di Kota Mekkah."Waktu itu, kehidupan di Mekkah sudah sangat jahilliah. Bayangkan,  perjudian meraja lela, banyak yang menyembah berhala, sehingga zaman itu sangat berbahaya. 

Bahkan, Nabi Muhammad SAW akan dibunuh. Makanya Allah SWT menyuruh Nabi Muhammad SAW hijrah ke kota Madinah. Sesampai di Kota Madinah yang pertama dibangun oleh Nabi Muhammad SAW adalah masjid. Ini untuk sukses dan mencari keridoan. Kita tak bisa berhijrah tanpa bermuhajadah.  Selain itu, tidak ada di dunia ini yang kebetulan, tetapi semua itu ketetapan dari Allah SWT," sebut ustadz Zulkarnain Umar.

Ditambahkan ustadz Zulkarnain Umar,  bahwa orang yang berhijrah itu tingalkan segala kejelekan dan perbuatan yang tidak  baik, kemudian laksanakan sholat. "Nabi Muhammad sangat memperhatikan sholat. Karena sholat ini sangat penting. Jangan main-main dengan sholat. Selain itu, sholat merupakan interaksi kita sama Allah SWT. Orang yang tidak sholat tidak akan masuk surga. Makanya, kita harus perhatikan dan selalu menjaga sholat. Mudah-mudahan  semua amal kebaikan yang kita lakukan diterima oleh Allah SWT dan dosa yang pernah kita lakukan diampuni. Makanya sebelum terlambat marilah kita hijrah dalam mencari keridoan dari Allah SWT," tutur ustadz Zulkarnain Umar. ***

 

 

 

 

 

 

 

.

 

 

 

 

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar