Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah

Pengurus Masjid Nurul Muhsinin Gelar Tabliq Akbar, Begini Penjelasan Ustadz Masriadi Hasan

Ustadz Masriadi Hasan saat menyampaikan ceramah agama di Masjid Nurul Muhsinin,Jumat (20/9/2024)

Laporan :  Hendri Zainuddin
Pekanbaru

 

   PENGURUS Masjid Nurul Muhsinin yang berada di Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai  mengelar tabliq akbar dalam rangka peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah,  Jumat (20/9/2024). Kegiatan  tabliq akbar ini dilaksnakan  di dalam Masjid Nurul Muhsinin usai salat isya berjamaah. Tetapi, usai salat magrib pihak pengurus  menyediakan makan malam bersama bagi jemaah serta warga yang ada di lingkungan RW 06, Kelurahan Tangerang Barat, Kecamatan Marpoyan.

Sementara itu, yang memberikan ceramah agama pada kegiatan tabliq akbar ini adalah ustadz H Masriadi Hasan L.c M.Sha.Sebelum ceramah agama dimulai pertama-tama melantunkan ayat-ayat suci alquran yang dibacakan oleh ustadz Rizki Alwi.

Ketua Pengurus Masjid Nurul Muhsinin Elda Rapel SH  dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para jemaah masjid yang telah memenuhi undangan dalam rangka menghadiri peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah ini.

"Atas nama pengurus Masjid Nurul Muhsinin ucapkan terima kasih atas kehadiran para jemaah dalam acara maulid nabi ini. Selain itu, saya juga menyampaikan  terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras untuk mensukseskan kegiatan ini, sehingga berjalan dengan aman dan lancar," terang Elda Rapel.

Dijelaskan Elda Rapel, bahwa  momen memperingati maulid Nabi Muhammad SAW ini salah satu untuk mengenang dan mencintai serta mentauladani akhlak Nabi Muhammad SAW, sehingga bisa menjadi motivasi dalam rangka mencontoh dalam kehidupan sehari-hari.

"Peringatan maulid nabi ini dimana rasa cinta kita terhadap Nabi Muhammad SAW. Karena dengan banyak mengingat nabi, maka akan diberikan safaat di yaumil akhir kelak. Selain itu, kita selalu mengingatkan anak dan keluarga supaya selalu mencontoh kepribadian nabi dan mencari keridoaan dari Allah SWT," kata Elda Rapel.

Pada kesempatan ini, Elda Rapel juga menyampaikan bahwa tentang program yang telah dilakukan di LPQ."Mudah-mudahan program yang kita lakukan terus berkembang. Selain itu, kita juga akan merancang program yang baru seperti membuat lumbung beras. Usaha yang akan kita buat ini tidak akan menganggu keberlangsungan UMKM yang ada di sekitar lingkungan kita," tutur Elda Rapel.

Sementara itu, ustadz H Masriadi Hasan dalam ceramahnya  menjelaskan pada malam ini kita melaksanakan  peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.Ini  merupakan momen yang sangat penting mengingat baginda Rasulullah dan menunjukkan rasa cinta kita kepada beliau.

Sebab, dengan banyak bersalawat dan mengingat nabi maka akan mendapatkan amal kebaikan dari Allah SWT."Semoga kita memperingati Maulid Nabi SAW iniendapat keberkahan dan kemuliaan dari Allah SWT. Kota datang kita ke masjid ini, karena rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan rasa cinta ini, kita semua yang hadir ini dikumpulkan kan berjumpa dengan Nabi Muhammad SAW di akherat kelak. Karena ibu dan bapak tidak dapat dipisahkan antara ingat dan cinta. 

Orang kalau cinta pasti ingat.Tetapi,kalau orang sudah lupa, bearti sudah berkurang rasa cinta.Karena itu, orang perantau ke Malaysia. Pada tahun pertama sering mengirim surat, tahun kedua sudah berkurang dan tahun ketiga tidak sama sekali, berati dia sudah tidak cinta. Begitu ditengok informasi nya bahwa dia sudah nikah sama perempuan lain. Semoga kita tidak begitu dan tidak mengalaminya,," ujar ustadz Masriadi Hasan.

Dijelaskan ustadz Masriadi Hasan bahwa dalam kesempatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H ini, bercerita tentang sejarah dari Nabi Muhammad SAW."Jadi yang kita sampaikan ini semuanya sejarah tentang keberadaan Nabi Muhammad SAW. Diantara tanda kasih saya Allah SWT sama manusia yakni mengutus Rasulullah kepada kita.Tujuanya apa, agar kita tidak menjadi orang yang lalai," ujar ustadz Masriadi Hasan.


Diterangkan ustadz Masriadi diutusnya Nabi Muhammad  SAW ke muka bumi ini membawa berkah dan kesejukan bagi semua umat yang ada di alam semesta ini.

"Dengan momen peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini diharapkan kepada kita semua (umat Islam red) menjadikan Nabi Muhammad contoh dalam kehidupan sehari-sehari.

Karena di dalam dirinya (nabi red) mempunyai sifat yang mulia, prilaku yang baik. Sehingga semua yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ini adalah menjalankan perintah dan menjauhi larangan dari Allah SWT," ujar ustadz Masriadi Hasan.***

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar