Kualifikasi Euro 2020

Spanyol Kalahkan Norwegia 2-1

Para pemain Spanyol merayakan gol Rodrigo ke gawang Norwegia

 


 


Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Spanyol sukses meraih kemenangan perdana mereka di Kualifikasi Euro 2020. Tergabung di Grup F, La Furia Roja berhasil meraih kemenangan pertama mereka setelah mengalahkan Norwegia dengan skor 2-1 di Mestalla Stadium. Gol Spanyol diciptakan Rodrigo Moreno di babak pertama, lalu Norwegia membalasnya melalui penalti Joshua King di babak kedua. Namun beberapa menit berselang, tuan rumah kembali unggul berkat penalti panenka Sergio Ramos.

Bermain di depan puluhan ribu penggemar mereka di Mestalla Stadium, Spanyol langsung tancap gas. Mereka langsung mendominasi penguasaan bola dan mengunci Norwegia di arena pertahanan mereka sendiri. Baru lima menit laga berjalan, Spanyol sudah mengancam melalui sundulan Alvaro Morata memanfaatkan umpan silang Marco Asensio, namun bola masih dengan mudah ditangkap oleh Jarstein. Setelah peluang itu, Spanyol masih mendominasi permainan namun Norwegia beberapa kali memberikan perlawanan melalui serangan balik.

Setelah melakukan rentetan percobaan, Spanyol akhirnya membuka keunggulan di menit 16. Berawal dari solo run Jordi Alba, bek Barcelona itu melepaskan umpan silang yang disambut tendangan voli Rodrigo yang tidak mampu dijangkau Jarstein. Skor 1-0 untuk keunggulan Timnas Spanyol. Setelah gol itu, Spanyol semakin bersemangat menggempur pertahanan Norwegia. Empat menit berselang, Morata kembali menebar ancaman melalui sundulannya tetapi bola masih bisa dipatahkan oleh Jarstein.

Di menit 31 Norwegia memiliki peluang emas setelah umpan silang Henriksen berhasil memperdaya De Gea dan bola jatuh ke arah Elyounoussi, namun pemain 33 tahun itu gagal mengarahkan bola dengan tepat ke arah gawang Spanyol yang kosong. Dua menit berselang giliran Jarstein yang kembali membuat penyelamatan gemilang mematahkan sundulan Morata yang menerima umpan matang dari Dani Parejo.

Di menit 38 Spanyol nyaris saja menambah keunggulan setelah kerja sama Parejo dan Asensio menghasilkan umpan yang matang bagi Morata untuk mencetak gol. Namun bek Norwegia berhasil melakukan clearance krusial sehingga bola tidak jadi masuk ke gawang mereka. Dominasi Spanyol terus berlanjut namun skor 1-0 tidak berubah hingga wasit meniupkan peluit tanda diberakhirnya babak pertama.

Di babak kedua, tempo permainan tidak berubah. Spanyol selaku tuan rumah terus menekan Norwegia, di mana mereka terus mengincar gol kedua untuk memastikan kemenangan mereka. Di menit 52, Morata berhasil lolos dari kejaran bek Norwegia dan siap melepaskan tembakan ke gawang Norwegia. Namun Nordveit dengan sigap menutup pergerakan Morata sehingga bola itu gagal ditembak. Kesulitan untuk meladeni permainan Spanyol, Norwegia melakukan dua pergantian pemain. Tarik Elyounoussi dan Martin Odegaard ditarik keluar untuk digantikan dengan Mohamed Elyounoussi dan Bjorn Mars Johnsen.

Pergantian pemain ini ternyata tepat sasaran karena enam menit berselang, Johnsen sukses memberikan Norwegia penalti setelah ia dijatuhkan Inigo Martinez di kotak terlarang. Joshua King yang maju sebagai eksekutor sukses menaklukan De Gea sehingga skor kembali imbang 1-1.

Gol penalti Kingi itu membuat Spanyol semakin terpacu. Mereka semakin gencar untuk menekan Norwegia untuk mengembalikan keunggulan mereka. Usaha mereka itu membuahkan hasil setelah Jarstein menjatuhkan Morata di kotak terlarang di menit 70. Sergio Ramos yang mengeksekusi penalti ini sukses memperdaya Jarstein dengan penalti Panenka andalannya sehingga Spanyol kembali unggul 2-1.

Seusai gol itu, Timnas Spanyol melakukan dua pergantian di mana Dani Ceballos dan Daniel Parejo digantikan Sergio Canales dan Rodri. Sementara di kubu Norwegia Stefan Johansen ditarik keluar untuk digantikan Ola Kamara.

Seusai unggul kembali, Spanyol sedikit mengubah gaya bermain mereka. Mereka tidak meladeni permainan terbuka Norwegia, di mana mereka dengan sabar menguasai bola dan mengalirkan bola ke seluruh penjuru lapangan sehingga Norwegia kesulitan untuk merebut bola.

Satu menit sebelum waktu normal usai, Enrique melakukan pergantian terakhir. Kali ini Morata yang ditarik keluar dan digantikan oleh penyerang Getafe, Jaime Mata.

Norwegia terus mencoba mengejar ketertinggalan namun hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan skor 2-1 tetap bertahan untuk keunggulan La Furia Roja. Berkat kemenangan ini Spanyol memuncaki klasemen sementara grup F kualifikasi Euro 2020, sementara Norwegia harus mendekam di peringkat lima usai menelan kekalahan ini.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar