Mandi di Saluran Irigasi 

3 Warga Kebumen Tewas Tenggelam

Warga Kebumen Tewas Tenggelam di Irigasi

KEBUMEN--(KIBLATRIAU.COM)-- Nahas dialami tiga warga Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Maksud hati ingin mandi di saluran irigasi, namun mereka malah tenggelam dan terbawa arus. Hasan (13), Anwar (14) dan Toni (25), warga Desa Tirtomulyo Kecamatan Poncowaro yang tak bisa berenang itu tewas di saluran irigasi Wadaslintang Barat Desa Bleter, Kecamatan Poncowarno, pada Senin (13/5) sore. Kepala Basarnas Jawa Tengah Aris Sofingi mengatakan, kronologi kejadian berawal saat ketiga korban hendak mandi di saluran irigasi Wadaslintang Barat. Namun saat menceburkan diri mereka langsung hanyut dan tenggelam. "Diduga ketiganya tidak mengetahui bahwa saluran tersebut dalam. Mereka juga tidak bisa berenang, sehingga begitu masuk ke air langsung tenggelam" terang Aris, Selasa (14/5).

Aris menuturkan, peristiwa tersebut diketahui oleh seorang warga yang kebetulan melintas di area kejadian. Warga melihat ada sebuah celana dan 3 kaos, namun warga tidak melihat ada orang mandi disitu. Warga akhirnya langsung melakukan pencarian dan berhasil menemukan Hasan dalam keadaan sudah tak bernyawa. Namun kedua temannya, Anwar dan Toni belum ditemukan. "Kami yang mendapatkan informasi tersebut pada pukul tujuh malam (19.00 WIB) langsung mengirimkan satu tim dari Basarnas pos SAR Cilacap. Mereka melakukan pencarian dan pertolongan dilengkapi dengan peralatan SAR air dan alat selama," katanya. Pencarian dilakukan dengan melibatkan tim SAR gabungan. Di antaranya
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen, Polsek Poncowarno, Koramil, SAR Elang Perkasa, masyarakat serta keluarga korban.

"Pencarian kami awali dengan menutup saluran irigasi untuk memudahkan pencarian. Akhirnya setelah berbagai upaya, usaha tim SAR Gabungan membuahkan hasil,'' ujarnya. Mulwahyono, koordinator Basarnas Pos SAR Cilacap menambahkan, pukul 00.30 WIB dini hari tim SAR gabungan berhasil menemukan Toni di arah selatan kurang lebih dua kilometer dari lokasi kejadian. 10 Menit kemudian tim SAR berhasil menemukan Anwar, 300 meter dari penemuan Toni. Keduanya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. "Setelah kita evakuasi dua korban, jenazah mereka dibawa ke rumah duka untuk diserahkan ke keluarga," pungkas Mulwahyono.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar