Tak Ingin KPK Lemah

Ketua PP Muhammadiyah Ingatkan Pentingnya Integritas Capim

Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashi

MALANG--(KIBLATRIAU.COM)-- Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir meyakini Presiden Joko Widodo dan DPR akan memilih pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terbersih dan terbaik. Pesan tersebut disampaikan di tengah keraguan sejumlah pihak terhadap Panitia Seleksi (pansel) calon pimpinan (capim) lembaga antirasuah tersebut."Jangan terus-terusan berpolemik karena itu kita berharap Presiden dan DPR betul-betul memilih calon-calon pimpinan KPK terbersih dari yang ada. Karena kita berharap KPK ke depan bisa lebih baik jangan sampai lembaga yang dihadirkan reformasi ingin pemberantasan korupsi mengalami pelemahan karena orang-orangnya hadir tidak punya komitmen tinggi," katanya di Malang, Senin (2/9).

Pansel capim KPK telah menyerahkan 10 nama yang lolos kepada Presiden Joko Widodo, Senin (2/8). Nama-nama tersebut tersaring dalam sejumlah tahapan seleksi, termasuk pertimbangan dan masukan masyarakat."Saya percaya di negeri ini masih banyak elite dan calon-calon pimpinan KPK yang ketika terpilih nanti itu betul-betul punya integritas. Dia harus bertanggung jawab pemberantasan korupsi, itu pertaruhan bangsa," tegasnya.

Sejumlah pihak sebelumnya mempersoalkan kinerja Pansel yang dinilai sangat buruk. Pansel mendapat sorotan, salah satunya karena meloloskan kandidat terindikasi berbohong. Pansel dinilai tidak transparan dengan indikasi menolak hadir memenuhi undangan KPK terkait melihat rekam jejak 20 nama yang lolos."Presiden saya pikir juga arif memahami aspirasi itu, nanti juga DPR. Poinnya seluruh pihak harus melepaskan kepentingan-kepentingan jangka pendek dan kepentingan sektoral terhadap KPK dan institusi negara lainnya. Jangan sampai KPK dan lembaga pemerintahan itu jadi tempat perebutan kepentingan yang naif dan sempit yang kemudian mengeleminasi kepentingan bangsa yang besar," tutup Haedar.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar