Mengenalkan Kerangka Berpikir Secara Umum

120 Guru SMP/MTs Ikuti Pembelajaran Modul 2 Tanoto Foundation

Dendi Satria Buana, selaku Provincial Coordinator Tanoto Foundation saat memberikan sambutan Rabu (23/10/2019).


Laporan Kurniawan
Pekanbaru

    SEDIKITNYA ENAM  sekolah tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan dua Madrasah Tsanawiyah (MTS) di Pekanbaru mengikuti pelatihan pembelajaran yang diselenggarakan Tanoto Foundation di hotel Dafam, Rabu (22/10/2019).

Acara ini dibuka Kepala Kementerian Agama Kota Pekanbaru, H Edward S Umar yang diwakili dan diikuti sebanyak 120 guru SMP/MTs yang diutus masing-masing sebanyak tiga orang untuk 5 Mata Pelajaran (Mapel).

"Pelatihan pembelajaran kali ini lebih difokuskan kepada pembelajaran modul 2. Dimana modul 2 ini merupakan pengembangan dari modul 1 yang secara teknis mengenalkan kerangka berpikir secara umum tentang pendekatan pembelajaran aktif di tingkat SMP/MTs," ungkap Dendi Satria Buana, selaku Provincial Coordinator Tanoto Foundation dalam acara tersebut.

Dendi menerangkan,  bahwa pelatihan ini dibuka dengan melaksanakan dua gelombang. Adapun gelombang pertama dilaksanakan mulai hari Senin-Rabu, dan gelombang kedua hari Kamis-Sabtu.

"Praktek mengajar modul 2 pembelajaran ini, untuk gelombang pertamanya, yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan IPS. Sementara untuk gelombang kedua, Bahasa Inggris dan IPA," papar Dendi.

Dendi berharap, tenaga pengajar yang mengikuti pelatihan modul 2 ini dapat memiliki pengetahuan dan pengalaman konkret tentang 3 hal, yakni metodologi/proses khas tiap mata pelajaran, keterampilan khas mata pelajaran, dan pemodelan yang merupakan salah satu konsep mapel yang mencerminkan metodologi dan keterampilan khas mapel.

"Dua hari ini kita sudah lakukan teori. Tadi pagi (Rabu, red) kita sudah langsung praktekkan di SMPN 3, SMPN 8 dan SMPN 12 Pekanbaru," tutur Dendi. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar