Tongkang Jebol di Muara Berau 

Batubara dan Alat Berat Tumpah ke Laut

Tongkang jebol di perairan Muara Berau. 

KALTIM--(KIBLATRIAU.COM)-- Tongkang atau ponton batubara dilaporkan jebol, dan menumpahkan batubara berikut alat berat, di perairan Muara Berau, Kalimantan Timur. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Samarinda menilai kejadian itu sebagai kecelakaan kerja.Peristiwa yang dikabarkan terjadi Jumat (13/12) lalu itu terekam melalui kamera ponsel, dan berdurasi 24 detik. Terlihat jelas detik-detik jebolnya dinding tongkang, yang ikut menumpahkan muatan batubara, dan alat berat ke laut.

"Iya benar kejadian itu di Muara Berau," kata Kepala KSOP Kelas II Samarinda Dwi Yanto, ditemui merdeka.com saat berada di Bandara APT Pranoto Samarinda, Rabu (18/12/2019) sore. Dwi menerangkan, kejadian itu sebagai kecelakaan kerja, dalam hal masalah pemuatan dari tongkang ke kapal besar vessel batubara. "Jadi, itu saat membongkar. Kemudian, side Ramp Door-nya jebol. Itu saja sudah," ujar Dwi.

"Tidak ada korban, dan ABK sudah di BAP di kantor. Ada hasilnya di kantor. Tonase batubara yang tumpah ke laut itu, tidak bisa kita ukur," tambah Dwi."Itu sebenarnya bukan masalah pelat baja atau apa. Itu kan pintu, cuma dijepitkan begitu. Kalau didesak kan terjadi lengkungan pelat. Itu saja," terang Dwi.Lantas, bagaimana dengan dugaan pencemaran laut akibat tumpahan batubara ke perairan laut? "Pecemaran laut dengan kedalaman air seperti itu, terus dengan jumlah tonase sedikit kan tidak begitu ini. Ya, tapi kalau kita bicara itu, bukan kami yang menilai," tutup Dwi.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar