Perbaiki Pertahanan dan Taktik

3 Manuver Positif Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Shin Tae-Yong 

Bola.net--(KIBLATRIAU.COM)-- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah melakukan banyak perubahan. Beberapa di antaranya terbilang positif, bahkan layak diacungi jempol. Shin Tae-yong diyakini bakal membawa Timnas Indonesia menjadi tim yang layak diperhitungkan di Asia. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu disebut memiliki semua unsur yang diperlukan PSSI untuk membangun Timnas Indonesia menjadi lebih baik. Sayangnya, Timnas Indonesia U-19 di bawah Shin Tae-ying belum menunjukkan tajinya. Mereka kalah dalam tiga laga uji coba terakhir, yakni kala melawan Busan IPark, Kyung Hee University, dan Seongnam FC. Namun, itu masih laga uji coba. Hasil tersebut tak begitu membebani Shin Tae-yong.

Menurut mantan pelatih Korea Selatan itu, hasil bukan tujuan utamanya saat ini. Shin mengaku lebih mengedepankan peningkatan dan kualitas para pemain dalam pertandingan uji coba. Shin Tae-yong juga mengklaim beberapa lini Tim Garuda Muda masih harus mendapat perbaikan. "Kami masih harus memperbaiki pertahanan kami dan juga taktik. Akan tetapi, hasil ini wajar karena kami memang belum mempelajari taktik. Namun, kami semakin bagus dalam hal fisik," kata Shin Tae-yong seperti dikutip situs resmi PSSI. Mengacu pada hal tersebut, Shin Tae-yong tidak tinggal diam. Beberapa manuver dan keputusannya membuat performa Timnas Indonesia meningkat. Capaian itu membuat Shin Tae-yong layak diacungi jempol.

Manuver pertama Shin Tae-yong yang perlu diacungi jempol adalah kegigihan untuk cepat beradaptasi. Kabarnya, Shin mulai belajar Bahasa Indonesia sejak resmi menangani Timnas Indonesia pada Januari lalu. Bahkan, dalam kontraknya bersama PSSI, Shin Tae Yong minta diberikan guru les. Permintaan itu bisa dimaklumi. Timnas Indonesia adalah tim negara Asia Tenggara pertama yang ditangani Shin Tae-yong. Ia tidak mengerti Bahasa Melayu sama sekali. Padahal, pelatih dan pemain harus punya chemistry untuk sukses dalam kerja samanya.Oleh sebab itu, Shin Tae-yong rela belajar Bahasa Indonesia demi bisa berkomunikasi lebih baik dengan para pemainnya. Selain itu, Shin Tae-yong disebut juga minta dijarkan kultur Agama Islam. Hal ini dilakukan sebab Shin Tae-yong ingin menjadi pelatih yang punya respek kepada pemain beragama Islam, terutama tentang jadwal salat atau pun jadwal puasa nanti.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar