Masyarakat Diharapkan Ikut Berpartispasi Aktif

BPS Pekanbaru dan Pemko Gelar Rapat Kordinasi dan Pencanangan Sensus Penduduk 2020

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi bersama Kepala BPS Kota Pekanbaru Ajid Hajiji SST MSi saat acara rapat kordinasi dan pencanangan sensus penduduk online, Senin (17/2/2020)


Laporan :  Hendri Zainuddin


Pekanbaru

   BADAN Pusat Statistik (BPS) Kota Pekanbaru sudah resmi melakukan Sensus Penduduk Online (SP) 2020 sejak Sabtu (15/2/2020) lalu. Kali ini, BPS Kota Pekanbaru melaksanakan  rapat kordinasi dan pencanangan sensus penduduk bersama Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Acara itu berlangsung di ruang Multi Media, Senin (17/2/2di Jalan Jenderal Sudirman (17/2/020). Hadir pada acara tersebut, Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi, Kepala BPS Kota Pekanbaru Ajid Hajiji SST MSi, para kadis, Forkofimda serta camat se-Kota Pekanbaru.

Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSI mengatakan, bahwa acara rapat kordinasi dan pencanangan ini sangat penting sekali dalam rangka untuk pendataan sensus penduduk secara online. Sehingga data yang dilakukan secara mandiri tersebut bisa didata secara akurat.''Kita minta dan mengajak kepada masyarakat Kota Pekanbaru ikut berpartisipasi aktif dalam melakukan sensus penduduk secara online. Karena sensus penduduk sangat penting dalam mencatat data jumlah penduduk secara tepat, cepat dan akurat,'' harap Ayat. 

Dijelaskan Ayat, bagi masyarakat Kota Pekanbaru yang belum bisa ikut berpartisipasi dalam sensus penduduk online ini, maka pada bulan Juli mendatang petugas BPS Kota Pekanbaru akan turun langsung ke lapangan untuk mendata ulang secara wawancara.''Jadi, masyarakat Kota Pekanbaru jangan risau, jika pada metode sensus penduduk online belum bisa, maka pada bulan 1-31 Juli nanti, petugas akan mendata kembali. Jadi, data yang sudah dicatat, maka akan didata ulang, sehingga benar-benar tercatat dalam satu data,'' ungkap Ayat.


Sementara itu, Kepala BPS Kota Pekanbaru Ajid Hajiji SST MSi menjelaskan, bahwa rapat kordinasi dan pencanangan ini bertujuan untuk menjalin sinergitas dan komunikasi dengan jajaran Pemko Pekanbaru, serta pihak terkait lainya. Seperti dari Polresta, Dandim, Kejari.''Ya dalam rapat ini kita sampaikan bahwa BPS Kota Pekanbaru sudah memulai sensus penduduk secara online. Dengan begitu, kita harapkan kepada pihak Pemko serta jajaran di lingkungan Camat, Lurah hingga ketingkat RT RW bisa mengetahui jika sensus penduduk online sudah bisa dimulai,'' ujar Ajid Hajiji.

Diterangkan Ajid, pihaknya juga mengharapkan dengan dimulainya sensus penduduk online 2020 ini, masyarakat bisa mengunakan akses https://sensus.bps.go.id.''Ya kita sudah siapkan website khusu dari BPS Kota Pekanbaru. Oleh sebab itu, kita harapkan seluruh masyarakat ikut berpartisipasi dalam sensus penduduk onlineini. Dalam sensus penduduk online ini yang perlu disiapakn oleh seluruh masyarakat yakni nomor NIK, KK serta buku nikah,'' tutur Ajid. Lebih lanjut ditambahkan Ajid, seteah melakukan rapat kordinasi dan pencanangan sensus penduduk online ini, pihaknya bakal turun lagi ke kecamatan di lingkungan Pemko Pekanbaru.''Kita sudah siapkan jadwalnya untuk ke pihak kecamatan. Dengan begitu, sensus penduduk online iini bisa diketahui oleh pihak kecamatan  hingga ke tingkat kelurahan serta masyarakat luas umumnnya. Dengan begitu, masyarakat bisa memulai sensus penduduk online, sehingga data yang diisi bisa tercatat secara akurat dan tepat ,'' pungkas Ajid***

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar