Satu Warga Sialang Munggu Reaktif

500 Orang Jalani Rapid Test di Kecamatan Tampan

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru Drs Muhammad Amin MSi

Laporan Hendri Zainuddin
Pekanbaru

      DINAS Kesehatan Kota Pekanbaru melaksanakan Rapid Test Massal di Kecamatan Tampan. Kegiatan rapid test itu berlangsung di dua lokasi, Kantor Lurah Sialang Munggu dan Pasar Selasa Tuah Karya, Selasa (12/5/2020). Dalam pelaksanaan rapid tes itu ada 500 orang yang menjalani tes dan satu orang warga Kelurahan Sialang Mungggu reaktif. Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru Drs Muhammad Amin MSi menjelaskan bahwa rapid test digelar di dua titik, yaitu di Kantor Lurah Sialang Munggu Jalan Cipta Karya, dan Pasar Selasa Kelurahan Tuah Karya.’’Untuk tahap awal ini 500 alat rapid test kita persiapkan dalam tes massal ini. Ini kitalakukan untuk mengecek suhu tubuh sejak dini apakah terjangkit virus arau tidak,'' ungkap Amin kepada Kiblatriau.com, Selasa (12/5/2020). 

Dikatakan Amin,  pada Kecamatan Tampan khusus nya pada Kelurahan Sialang Munggu menjadi sasaran, karena ada beberapa kasus positif Covid-19. Ia menyebutkan di kelurahan itu ada lima kasus positif Covid-19.’’Dari rapid test, di Sialang Munggu ada satu warga yang reaktif. Ini langsung dilakukan pelacakan terhadaporang di sekelilingnya,’’ ujar Amin. Amin menambahkan, rapid test ini bertujuan mendeteksi sejak dini kasus Covid-19. Terlebih lagi, Kecamatan Tampan tergolong zona merah.

Apabila petugasmendapati adanya warga yang reaktif maka akan dirujuk ke rumah sakit rujukan penanganan Covid-19. Mereka bakal dilakukan swab test untuk memastikan apakah benar positif dengan hasil yang lebih akurat.Selain Kecamatan Tampan, Amin menyampaikan, bahwa rapid test secara massal akan dilakukan juga pada wilayah zona merah lainnya. Seiring itu juga akan dilakukan sosialisasi di kecamatan yang akan dilakukan rapid test.’’Ya kita akan lakukan lagi di kecamatan lain. Dan isnyalah Kamis (14/5) masih akan kita lakukan,’’ tutur Amin.(Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar