Tempat  Istirahat Bupati dan  Menjalin Silaturahim dengan Masyarakat 

Seniman Kampar Harapkan Pandopo Difungsikan Seperti Sediakala

Oren Gompo

KAMPAR--(KIBLATRIAU.COM)-- Semasa zaman mantan Bupati Kampar, Soebrantas, Pandopo atau Balai Bupati digunakan tempat istirahat nya bupati dan tempat silaturahim untuk tokoh masyarakat yang ingin menemui Kupati Kampar pada saat itu.

Demikian dikatakan  salah satu seniman dan budayawan asal Kampar, Oren Gompo, kepada awakmedia, Ahad (7/6/2020).

"Pandopo itu dulunya dijadikan tempat tinggal bupati untuk mempermudah tokoh masyarakat, alim ulama dan termasuk masyarakat yang ingin menemui bupati. 

Kalau siang harinya bupati sibuk bekerja di kantor dan malam harinya barulah ada kesempatan untuk menerima tokoh masyarakat, alim ulama dan warga masyarakat yang hendak jumpa dengan bupati di Pandopo," ujar Oren Gompo.

Dulu Pandopo sebut Oren Gompo selalu terbuka untuk masyarakat, tidak pernah pintu pagarnya tertutup. Bahkan juga dulunya di Pandopo itu ada binatang, gajah sama harimau yang menjadi tontonan warga masyarakat Kampar.

"Almarhum Bupati Soebrantas, walau bukan orang pribumi Kampar. Tetapi almarhum bisa bersahabat dengan niniok mamak, alim ulama dan warga masyarakat Kampar, " terang Oren Gompo.

Lanjut Oren Gompo, ketika almarhum pindah ke provinsi para tokoh masyarakat, alim ulama dan warga masyarakat Kampar banyak yang sedih dan menangis, karena kebaikan almarhum.

"Waktu eks Bupati Kampar, Soebrantas meninggal dunia, Kabupaten Kampar berduka. Padahal beliau bukan lagi pejabat di Kampar ini. 

Oleh karenanya, kita  berharap, Pandopo dapat difungsikan seperti sediakala dan bupati tinggal di Pandopo, agar masyarakat senang bisa berjumpai dengan bupati," harap Oren Gompo. (Doni)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar