Akan Gandeng BPOM

DPP Imbau Masyarakat Hati - hati Membeli Parsel Lebaran

Ingot Hutasuhut

PEKANBARU --(KIBLATRIAU.COM)--  Menjelang hari raya Idul Fitri 1439 H akan banyak pedagang yang menjual parcel. Karena diduga momen ini dimanfaatkan oleh pedagang menjual barang kedaluwarsa.

 Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengingatkan agat  masyarakat untuk berhati-hati  membeli barang dalam kemasan. Baik yang ada di dalam parsel atau pun tidak. 

Sebab, menurutnya, ada kecenderungan momen di saat daya beli masyarakat meningkat menjelang hari raya dimanfaatkan oleh oknum untuk menjual barang yang sudah mendekati tanggal kedaluwarsa.

"Ada sebagian yang sudah dikemas dalam parsel. Ada juga yang masih terpisah. Oleh sebab itu,  masyarakat harus cerdas dalam membeli makanan atau juga minuman," ungkap Ingot, Senin (27/5).

Ingot menjelaskan, barang-barang yang sudah mendekati tanggal kedaluwarsa biasanya dijual dengan harga yang lebih murah. Sebab menurut aturan yang berlaku, minimal produk yang empat bulan lagi mendekati masa kedaluwarsa tidak boleh lagi diperjualbelikan. 

Sebab, dikhawatirkan jika barang tersebut tetap dijual dan tidak langsung dikonsumsi justru akan menimbulkan masalah kesehatan kepada konsumen.

"Harusnya empat bulan sebelum masuk masa kedaluwarsa harus ditarik dari peredaran. Sementara itu, untuk  pengawasan kita akan  menggandeng BBPOM," ujar Ingot  (Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar