Sampaikan Santapan Rohani Ramadan

Cegah Sikap Perusak Ukkuwah Islamiyah, Ini Kata Ustadz Hermanto

Ustadz Hermanto saat sampaikan santapan rohani ramadan di Masjid Nurul Muhsinin, Selasa (12/4/2022)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--- Ustadz yang menyampaikan santapan rohani ramadan pada malam ke sebelas tepatnya Selasa (12/4/2022) di  Masjid  Nurul Muhsinin Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat adalah ustadz Hermanto SSos. Sebelum memberikan tausiahnya, ustadz Hermanto  mengucapkan puji syukur  kepada Allah SWT atas diberikan kesehatan, keselamatan , sehingga  bisa menjalani semua perintah dan menjauhi semua larangan dari Allah SWT.

Tak lupa pula ustadz menyampaikan salam dengan banyak bersalawat kepada Nabi  Muhammad SAW, karena dengan banyak bersalawat kepada Nabi Muhammad  SAW akan diberikan safaat di yaumil akhir kelak.

Pada santapan rohani ramadan ini, ustadz Hermanto membahas tentang perusak ukkuwah islamiyah.  Dimana ukhuwah Islamiyah adalah adanya persaudaraan antara sesama umat Islam, di dalam Al-Qur'an dan Hadits menunjukan bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang perlu diperhatikan oleh kaum muslimin. Namun, kata Hermanto bahwa ada beberapa hal yang bisa merusak ukkuwah islamiyah tersebut,  diantaranya selalu berprasangka buruk, baik kepada manusia dan kepada Allah SWT, selalu  mencari aib orang lain, selalu mengolok-  ngolok atau cemeeh serta memiliki sikap hasad."Itulah perbuatan yang buruk membuat perusak ukkuwah islamiyah antara kita sesama muslim. Maka dari itu, hilangkan  semua sifat tersebut," ujar Hermanto. 

Dijelaskan Hermanto,  guna mencegah perbuatan yang  menjadi perusak ukkuwah islamiyah itu maka  eratkanlah rasa persatuan dan kesatuan , sehingga terjalin hubungan  yang harmonis dalam kehidupan. "Yang penting  marilah kita saling hormat dan menghormati antara sesama . Terlebih lagi, di dalam bulan ramadan ini kita saling bersatu padu serta menjalin  hubungan yang semakin erat. Dengan begitu apa amalan yang dikerjakan bisa diterima oleh Allah SWT," tutur Hermanto.

Dalam kesempatan ini ustadz Hermanto juga menyampaikan bahwa musibah  yang datang secara bertubi-tubi karena banyaknya dosa yang dilakukan manusia, oleh sebab itu segeralah  bertaubat dan  meminta  ampun kepada Allah SWT."Saat ini, banyak bencana dan musibah yang terjadi. Itu terjadi karena perbuatan dari manusia yang selalu berbuat dosa dan tidak taat kepada Allah SWT. Maka dari itu  di bulan ramadan ini  berdoa dan  mintalah ampum  kepada Allah SWT, sehingga  dosa yang dilakukan  bisa diampuni," terang Hermanto. 

Sambung Hermanto, banyak dari manusia pada bulan ramadan ini sibuk dengan urusan duniawi ,sehingga tidak sempat beribadah sehingga lupa dengan tujuan hidup yamg sesumguhnya.

"Alhamdulilah ,kita bersyukur kepada Alllah SWT bisa melaksanakan perintah Alllah SWT dan duduk mendengar tausiah  di  masjid dalam bulan ramadan ini. Dimana kita  masih lihat banyak saudara kita yang sibuk dengan dunia dan lupa dengan perintah Alllah SWT. Oleh sebab itu, marilah kita tetap istiqomah dalam  melakukan kebaikan, sehingga amalan pahala yang dilakukan diterima Alllah SWT." pungkas Hermanto. ***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar