Timnas Indonesia hadapi Filipina AFF 2022

Tanpa Jordi Amat, Kembali ke Pakem 3 Bek

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)--Timnas Indonesia dipastikan kehilangan pilar pertahanan saat menghadapi Filipina pada laga pamungkas grup Piala AFF 2022 yang berlangsung di Stadion Rizal Memoriam, Filipina, Senin (2/1/2023) malam WIB.Skuad Garuda tak bisa memainkan pemain naturalisasi Jordi Amat dalam laga krusial ini. Pemain berdarah Spanyol itu harus absen lantaran telah menerima dua kartu kuning sepanjang perhelatan turnamen.Pertandingan ini bakal sangat krusial dalam menentukan kelolosan tim arahan Shin Tae-yong tersebut. 

Mereka dituntut merebut kemenangan jika ingin memastikan lolos ke babak selanjutnya tanpa melihat hasil di pertandingan lain.Dengan absennya Amat, tentu pelatih yang akrab disapa STY tersebut harus merumuskan taktik  dan rajikan yang tepat. Kemampuan build-up eks penggawa Swansea City itu tak lagi bisa digunakan dalam membongkar pertahanan berlapis.Lantas, apa saja opsi pemain Timnas Indonesia yang mungkin digunakan STY dalam pertandingan nanti? Berikut ulasan selengkapnya.Satu di antara yang paling menonjol sejak STY memegang Timnas Indonesia adalah keberanian dalam melakukan rotasi pemain. Dalam turnamen resmi sekalipun, ia kerap melakukan perubahan drastis yang kerap mengejutkan lawan.

Ungkapan 'don't change the winning team' benar-benar tidak berlaku untuknya. Hal ini sejatinya sangat baik bagi sebuah tim dalam mengarungi waktu-waktu sulit. Mereka tak kehilangan kualitas siapapun yang diturunkan.Rizky Ridho dan Hansamu Yama jelas menjadi pilihan teratas untuk menemani Fachruddin Aryanto. Dengan Ridho kemungkinan besar bakal dipilih mengingat ia cukup baik mengalirkan bola ke depan.


Indonesia sempat berjaya dengan menggunakan pakem tiga bek. Skema baru itu berhasil membawa tim Merah Putih melangkah ke Piala Asia 2023 dengan cara yang terbilang luar biasa.Cederanya Amat kemungkinan bakal mengubah pendekatan STY untuk pertandingan nanti. Menempatkan Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho dan Hansamu Yama di pertahanan bisa jadi opsi yang menarik.Apalagi dengan kebutuhan mencetak gol sebanyak-banyaknya, skema ini bisa mengakomodir daya ledak Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam Bahar yang menopang di kedua sektor sayap.

Jordi Amat menjadi bagian penting dari sektor pertahanan Timnas Indonesia sejak menjalani debut di Piala AFF 2022 pasca-dinaturalisasi pada November 2022.Bek kelahiran Canet de Mar, Spanyol itu bermain sebagai starter dua kali dengan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 kala melawan Kamboja dan Thailand.Sejumlah pemain dapat mengisi posisi Jordi Amat sebagai palang pintu Timnas Indonesia kontra Filipina. Mulai Hansamu Yama, Rizky Ridho, hingga Rachmat Irianto.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar