Pj Walikota Tinjau Gudang Bulog

Stok Beras dan Gula di Pekanbaru Aman hingga Lebaran

Penjabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP saat melakukan peninjauan ke gudang bulog, Selasa (21/2/2023)

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Penjabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP memastikan stok beras dan gula dan sembako lainnya di Kota Pekanbaru aman hingga bulan April mendatang atau hingga setelah lebaran. Saat ini, ketersediaan beras di gudang Bulog sebanyak 818 ton. Kemudian dalam perjalanan dari Dumai 1.600 ton dan kapal sudah bersandar di Dumai 4.800 ton. Muflihun mendatangi kantor Badan Urusan Logistik (Bulog) Selasa (21/2) untuk memastikan stok sembako itu."Setelah saya melihat dan menyaksikan kunjungan ke Bulog, ketersediaan beras dan gula aman sampai Lebaran Idulfitri," kata Muflihun usai meninjau gudang Bulog di Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru.Menurut Muflihun, isu adanya kenaikan harga beras tidak benar. Dia mengatakan untuk stok beras di Bulog memang masih mencukupi hingga akhir lebaran.

"Namun yang perlu masyarakat ketahui bahwa bicara beras ada yang medium ada yang premium. Jadi beras yang premium ini kan pilihan, tapi yang medium ini tidak kalah dari yang premium," ucapnya.Muflihun menyebut, beras Bulog sendiri putih bersih dan wangi. Karena itu, dia meminta warga tidak tergantung dengan beras premium."Sesekali cobalah juga yang medium. Sehingga tak ada lagi yang harga beras di atas rata-rata," jelasnya.

Muflihun menyampaikan, berdasarkam atensi dari presiden bagaimana inflasi terus menurun bahkan menjadi deflasi, pihaknya menggelar pasar murah. Bahkan, Pemko Pekanbaru sudah lakukan upaya setiap bulan, dengan menggelar rapat mingguan TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) dan juga pasar murah."Malahan hari ini kita akan berdayakan koperasi untuk menyetok bahan yang dibutuhkan masyarakat. Kemarin kami kumpulkan distributor dan kita hari ini harus bergerak mencari kabupaten dan kota penghasil. Nanti kita beri bantuan transportasi melalui BTT (Belanja Tidak Terduga) sehingga harganya bisa stabil di Pekanbaru," ucapnya.

Dia memprediksi, menjelang puasa dan lebaran, bakal ada peningkatan harga dari masing-masing harga bahan sembako. Pemko Pekanbaru mencoba untuk mengantisipasi hal itu."Kalaupun ada kenaikan tak terlalu jauh," tegas Muflihun.Sementara itu,Kepala Bulog Divre Riau-Kepri Basirun menambahkan untuk saat ini ketersediaan beras di gudang Bulog sebanyak 818 ton. Kemudian dalam perjalanan dari Dumai 1.600 ton dan kapal sudah sandar di Dumai 4.800 ton.

"Kapal yang mengangkut cadangan beras sudah sandar di pelabuhan Dumai sebanyak 4.600 ton. Jadi, stok beras ini cukup hingga bulan April. Semuanya beras Thailand dengan patahan (broken) 5 persen," jelas Basirun.Sementara itu, stok gula untuk bulan Ramadan 177 ton. Minyak goreng premium ada 285.000 liter. Tepung terigu ada 13.600 Kg. Daging kerbau ada 20.000 kilogram."Penyaluran stok bahan pokok ini bekerja sama dengan pemerintah daerah. Jadi, kami tidak langsung menjual ke pasar umum. Tetapi, stok bahan pokok untuk kegiatan pasar murah, operasi pasar, dan lain sebagainya. Stok ini akan memenuhi sampai bulan April setelah lebaran,'' tuturnya. (Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar