Sampaikan Tausiah di Masjid Nurul Muhsinin

Faktor yang Merusak Ukhuwah Islamiyah, Beginilah kata Ustadz Syafrizal

Ustadz Syafrizal SAg saat menyampaikan ceramah agama di Masjid Nurul Muhsinin, Ahad (2/4/223)

Laporan Sharhan Asad
Pekanbaru


     MEMASUKI malam yang kedua belas bulan ramadhan yang menyampaikan ceramah santapan rohani ramadhan di Masjid Nurul Muhsinin,  Jalan Ikan Mas, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai Ahad (2/4/2023) yakni ustadz Syafrizal SAg. Sebelum menyampaikan tausiah singkat,pertama-tama ustadz mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT atas nikmat dan diberikan kesehatan. 

Tak lupa pula juga ustadz menyampaikan salawat kepada Nabi Muhammad SAW, karena dengan banyak bersalawat akan diberikan syafaat di yaumil akhir kelak. 
Dijelaskan ustadz Syafrizal bahwa dalam masyarakat Islam, persatuan dan kesatuan atau lebih sering disebut dengan ukhuwah Islamiyah merupakan sesuatu yang sangat penting dan mendasar, apalagi hal ini merupakan salah satu ukuran keimanan yang sejati.

Satu hal yang harus diingat bahwa, ketika ukhuwah islamiyah hendak diperkokoh atau malah sudah kokoh, ada saja upaya orang-orang yang tidak suka terhadap persaudaraan kaum muslimin, mereka berusaha untuk merusak hubungan di antara sesama kaum muslimin dengan menyebarkan fitnah dan berbagai berita bohong.

"Dalam kehidupan umat Islam, maka  kita akui bahwa ukhuwah Islamiyah belum berwujud secara ideal, namun musuh-musuh umat ini tidak suka bila ukhuwah itu berwujud, mereka terus berusaha menghambatnya.

Karena itu, setiap kali ada berita buruk, kita tidak boleh langsung mempercayainya, tapi lakukan tabayyun atau cek dan ricek terlebih dahulu kebenaran berita itu, " ujar ustadz Syafrizal.

Sambung ustadz Syafrizal  ada beberapa hal yang menyebabkan rusak ukhuwah antara umat manusia. Salah satunya sering buruk sangka kepada orang  lain, lalu mencari-cari aib orang serta sering adu domba.

. "Makanya persaudaran menjadi rusak  karena masih ada sifat iri  dan dengki dalam hati. Selain itu, seting membuka aib orang lain. Padahal belum tentu lagi, orang yang telah membuka aib orang, lebih baik lagi dirinya. Oleh sebab itu, segeralah hindari perbuatan yang tidak baik dalam diri masing-masing, " ujar Syafrizal dengan suara lantangnya.

Pada kesempatan ini, ustadz Syafrizal mengharapak kepada jamaah yang hadir supaya menghindari sifat-sifat atau faktor yang membuat ukhuwah islamiyah antara sesama . "Persaudaraan ini sangat penting dalam islam. Maka dari itu, berbuat baik lah antar sesama kita. Terlebih lagi, jika persaudaraan baik, maka hubungan semakin  baik pula. Begitu juga jika hati bersih, maka Allah SWT akan memberikan ampunan dan mendapat keberkahan menjalani hidup ini, " sebut ustadz Syafrizal.

Lebih jauh disampaikan ustadz Syafrizal dengan momen bulan ramadhan ini alangkah baiknya meningkatkan dan melaksanakan amalan sholeh. "Karena bulan ramadhan ini merupakan bulan penuh ampunan dan keberkahan. Oleh sebab itu, dengan banyak melakukan amalan sholeh, maka Allah SWT akan menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Begitu juga, jagalah ukhuwah islamiyah antar sesama, sehingga hubungan semakin baik ,' tutur ustadz Syafrizal. ***

 

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar