Berikan Perlindungan kepada Masyarakat dari Ancama

BPBD Pekanbaru Gelar Pelatihan Pengkajian Kebutuhan pasca Bencana

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Pekanbaru Masykur Tarmizi S.STP, M.Si didampingi Kalaksa BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra S.STP, M.Si foto bersama Senin (10/4/2023)

 


 

Laporan:  Mustakim

Pekanbaru

         PEMERINTAH Kota Pekanbaru melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru  menggelar pelatihan pengkajian kebutuhan pasca bencana (Jitupasna) di salah satu hotel di Kota Pekanbaru, Senin (10/04/2023).

Kegiatan tersebut dibuka langsung Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Pekanbaru Masykur Tarmizi S.STP, M.Si didampingi Kalaksa BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra S.STP, M.Si dan dihadiri beberapa OPD terkait sebagai peserta pelatihan.

Mewakili Pj Walikota Pekanbaru Muflihun , Masykur mengucapkan terima kasih kepada jajaran BPBD Kota Pekanbaru yang telah tanggap dalam hal penanggulangan bencana dengan melaksanakan kegiatan pelatihan pengkajian kebutuhan pasca bencana.

Menurut Maskur, hal ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI pada saat rapat kerja kebencanaan beberapa waktu yang lalu, yang mana pemerintah di daerah dapat memberikan perhatian lebih terhadap antisipasi masalah bencana alam maupun non alam.

"Meski Kota Pekanbaru tidak termasuk daerah rawan terhadap bencana. Namun apapun itu bencana alam pasti akan terjadi dimana saja berada, dan tentunya kita harus selalu siap apapun kondisinya. Oleh sebab itu pemerintah Kota Pekanbaru akan terus berupaya mengandeng semua pihak terkait maupun stakeholder lainnya," pesan Masykur.

Masykur menyebutkan kegiatan ini juga bertujuan memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman, resiko dan dampak bencana.

"Marilah kita sama-sama berupaya mencegah terjadinya bencana dengan terus menjaga keseimbangan alam. Karena penanggulangan bencana adalah tanggung jawab kita bersama," ujar Masykur.

Tidak dipungkiri juga, tambah Masykur bahwa namanya bencana sangat membutuhkan sarana dan prasarana untuk melakukan penanggulangan, rekonstruksi, hingga merehabilitasi suatu bencana tersebut.

"Sarana prasarana ini sangat penting untuk meminimalisir dampak bencana. Makanya kedepan akan kita inventarisir seluruh kelengkapan peralatan-peralatannya," tutur Masykur.

Sementara itu, Kalaksa BPBD kota Pekanbaru Zarman Candra S.STP, M.Si menyampaikan tujuan kegiatan pelatihan ini untuk lebih memberikan pemahaman atau memperkenalkan penting penanggulangan bencana kepada seluruh OPD yang hadir.

"Disini kami akan memberikan juga edukasi tentang penanggulangan bencana ini. Sehingga nantinya ketika terjadi bencana mereka telah mengetahui langkah  selanjutnya," sebut Zarman.

"Harapan kami pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini dapat dipahami oleh para peserta. Yang mana pada intinya pelatihan ini merupakan suatu manajemen strategi pasca bencana dengan sisitem hitung dan kaji cepat, meliputi perhitungan dampak kerugian yang akibat bencana tersebut," imbuh Zarman.

Pembukaan kegiatan pelatihan tersebut ditandai dengan pengalungan tanda pengenal peserta secara simbolis.***


Berita Lainnya...

Tulis Komentar