Demi Kesejahteraan Indonesia

PKB Perjuangkan Dana Desa Naik jadi Rp5 M Per Tahun

Muhaimin Iskandar

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ini mengusulkan kenaikan dana desa dari Rp1 miliar menjadi Rp5 miliar per desa. Menurut dia, kenaikan dana desa ini demi kemajuan dan kesejahteraan Indonesia.Sebab kata dia, Indonesia maju dan sejahtera hanya mungkin terwujud jika desa maju dan sejahtera. Cara layak membangun Indonesia adalah membangunnya dari desa.Usulan itu disampaikan saat melakukan safari ramadan di Desa Jarakan, Kecamatan  
Gondang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Cak Imin mengajak kepala desa, sejumlah Tokoh dan aktivis desa untuk bagu membahu membangun desa.

"Saya dan PKB akan perjuangkan meningkatkan dana desa dari Rp 1 miliar menjadi Rp5 miliar per desa. Kita menaikkan 5 kali lipat. Kami sudah membuat perhitungan hati-hati dan matang tentang ini. InsyaAllah besaran anggaran negara kita  berkemampuan untuk menyokong kenaikan dana desa," ujar Cak Imin di pendopo rest area desa Mbale Seduh Desa Jarakan, Ahad (16/4).Lebih lanjut, Cak Imin menyampaikan kenaikan dana desa mutlak diperlukan. Sebab, saat ini waktu yang tepat  
mencanangkan satu program besar yaitu membangun Indonesia dari desa.

"Pilar utama pembangunan desa adalah sumber daya manusia. Fokus kita adalah warga desa yang sehat dan pintar. Maka, desa sehat dan desa pintar adalah dua program yang wajib kita jalankan dan sukseskan," jelasnya.Apalagi, kata dia, jalan menuju  pembenahan desa sudah dimulai secara serius di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Fokus saat ini adalah melanjutkan semua program dan kebijakan yang baik serta melakukan perbaikan dan pengembangan lebih lanjut."Itulah yang saya  istilahkan “Mengelola Kesinambungan dan Menggerakkan Perubahan” dalam pembangunan desa. Inilah yang perlu kita kerjakan saat ini," imbuhnya.

Pilar berikutnya adalah kesejahteraan dan kebahagian warga desa. Berbagai program penyejahteraan wajib dijalankan. Tujuannya adalah meningkatkan indeks kebahagiaan desa di Indonesia."Suatu ketika, harus ada adagium, “Tak ada yang lebih  membahagiakan dibandingkan hidup di desa”. Untuk itu, desa sejahtera dan bahagia adalah dua program yang wajib kita jalankan dan sukseskan," imbuh Wakil Ketua DPR RI bidang Kesra ini.

Kemudian, kata dia, pilar berikutnya adalah pembangunan desa  berbasis kemajuan teknologi. Pengembangan teknologi pedesaan harus jadi fokus bersama. Di berbagai perguruan tinggi harus dibuka program studi bahkan departemen “Teknologi Pedesaan”."Untuk itu, kita galang program desa digital. Maka itulah  program-program kita: Desa Sehat, Desa Pintar, Desa Sejahtera, Desa Bahagia dan Desa Digital," tegas mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Keseluruh program ini harus ditopang dengan dua prasyarat penting. Pertama, pembangunan infrastruktur harus sukses sehingga membuat semua wilayah, termasuk desa-kota dan antardesa terkoneksi. Dengan itu, desa pun menjadi titik tumpu  pembangunan Indonesia.Kedua, lanjut dia, pembangunan ekonomi desa harus sukses. Desa harus menjadi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru. Selama ini ada salah paham yang fatal: Untuk menjadi pusat pertumbuhan maka desa harus di-"kota"-kan.  
Padahal, tanpa kehilangan jati dirinya, desa mampu dan layak menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Dalam konteks itu, Cak Imin menjelaskan, BUMDesa memiliki posisi dan peranan sangat strategis. BUMDesa harus dijadikan unit ekonomi yang mumpuni. Pada saat yang sama, BUMDesa juga harus dioptimalkan fungsi sosial dan kebudayaannya.  BUMDesa harus menjadi kawah candradimuka pengembangan kapasitas warga desa dalam berusaha."Saya dan PKB menamai rencana kami untuk membangun desa sebagai “Membangun Deso, Ngrumat Wargo”. Bukan kebetulan: Saya orang desa. Bukan  
orang kota yang masuk desa. Saya bangga dan bersyukur tumbuh sebagai warga desa. Karena itu, saya berpikir dan bertindak seperti ibu, bapak, saudara berpikir dan bertindak. Ini modal kita yang luar biasa," kata dia.

Oleh sebab itu, Cak Imin menganjak membangun desa untuk menyelamatkan masa depan Indonesia. "Jika desa kita abaikan, Indonesia tak akan punya masa depan," pungkasnya.Wacana dana desa 5 miliar rupiah per desa ini disambut baik Kepala Desa  Jarakan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Gatut Sunu. Menurutnya, dana desa selama ini dapat menjadi andalan amunisi bagi Pemerintah Desa untuk membangun Desa dalam tempo yang cepat dan berkesinambungan.
"Alhamdulillah dengan dana desa kita dapat mengatasi persoalan ketahanan pangan hingga persoalan stunting di tingkat desa, infrastruktur di desa yang sudah sangat baik ini merupakan wujud nyata dari penggunaan dana desa." tutup Gatut.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar