Bagi Prajurit dan Keluarga Tujuan Jawa

TNI AL Berangkatkan 132 Bus Mudik Gratis

TNI Angkatan Laut (AL) melepas mudik gratis menggunakan bus sebanyak 132 unit di seluruh Jakarta.

JATIM--(KIBLATRIAU.COM)-- TNI Angkatan Laut (AL) melepas mudik gratis menggunakan bus sebanyak 132 unit di seluruh Jakarta. Ratusan bus itu bertujuan ke sejumlah wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur."Di seluruh Jakarta ada 132 bus yang akan mudik baik ke Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagian ke Jawa Barat. Tapi, sedikit yang ke Jawa Barat," ungkap Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Muhammad Ali kepada wartawan di Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (18/4/2023).

Sementara itu, Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksda TNI Yayan Sofiyan menyebut, untuk bus yang diberangkatkan dari Mako Kolinlamil berjumlah 12 unit."Kita disediakan ada 12 bus, kerjasama dengan Pelindo, bank BNI mendukung program yang diperintahkan oleh KASAL untuk akomodasi prajurit beserta keluarganya," ujar Yayan."Ada sekitar 436 personel yang akan menggunakan jalan darat," tambahnya.Dia menjelaskan, dari 12 bus itu nantinya akan dibagi menjadi tiga jalur seperti jalur selatan, tengah dan utara. Hal ini berlaku selama arus mudik dan balik lebaran."Pada saat kembali arus mudik juga demikian, sehingga dengan demikian jaminan keamanan jaminan keselamatan jaminan sosial buat prajurit-prajurit sukur Alhamdulillah dapat terlaksana dengan baik," ujar dia."Dan kita pada saatnya sudah masuk kerja bisa tepat waktu, karena semuanya sudah terakomodasi," tambahnya.

Tak lupa, ia berpesan kepada para prajurit yang melakukan mudik agar dapat memanfaatkan waktunya dengan baik bertemu dan berkumpul dengan keluarganya."Pada saat kembali seperti yang saya katakan tadi, dengan diakomodasi dengan sarana transportasi ini saya yakin anak buah saya jaminan 100 persen akan tepat waktu hadir selesai mereka melaksanakan cuti bersama ini tidak ada satupun yang terlambat nanti," pungkasnya.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Muhammad Ali melepas peserta mudik gratis tujuan Semarang dan Surabaya, dengan menggunakan KRI Banjarmasin. Pelepasan ini dilakukan di Mako Kolinlamil, Jakarta Utara.Ali mengatakan, peserta mudik yang menggunakan KRI Banjarmasin berjumlah 861 orang. Sedangkan, untuk kendaraan motor sebanyak 260 unit."Dari 861 itu ada 52 Balita, kemudian mereka membawa motor sejumlah 260an motor," kata Ali kepada wartawan, Selasa (18/4).

Ia menjelaskan, mudik gratis ini dilakukan dalam rangka untuk membantu pemerintah serta mengurangi angka kecelakaan di jalan. Khususnya kepada pemudik yang menggunakan motor."Karena kalau dengan menggunakan kapal, motornya bisa diparkir saja dalam kapal. Sedangkan pemudiknya bisa istirahat, ya satu hari besok sudah sampai di Semarang, kemudian dari Semarang lanjut ke Surabaya," jelasnya."Dan nanti kita juga akan menyiapkan arus baliknya dari Surabaya tanggal 25, kemudian dari Semarang tanggal 26 akan kembali," sambungnya.

Tak hanya menyediakan armada untuk para pemudik saja, melainkan juga mereka diberikan konsumsi yang dibantu dari Baznas. Selain itu, kegiatan ini juga disebutnya bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan."Untuk pengamananan kita libatkan juga POM AL nanti juga ikut berlayar. Kemudian ketenaga kesehatan juga on board di dalam. Apabila ada yang kurang sehat kita bisa langsung tangani," sebutnya.Sementara itu, Ketua Baznas Noor Achmad menyebut, pihaknya telah membuka posko sebanyak 16 dengan bekerjasama TNI AL."Selain ini kami juga membuka posko di beberapa tempat ada 16 Posko dan bekerjasama mudik gratis dengan TNI AL. Tapi dasarnya secara syar'i dan regulasi mereka Ibnu sabil," ujar Noor Achmad.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar