7 Sepeda Motor Diamankan

Resahkan Masyarakat, Polsek Bukit Raya Gelar Razia Balap Liar dan Knalpot Brong

Polsek Bukit Raya melaksanakan giat patroli serta razia balap liar pada hari Sabtu 03 Juni 2023 mulai Pukul 23.00 Wib

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif di Kota Pekanbaru. Polsek Bukit Raya melaksanakan giat patroli serta razia balap liar pada hari Sabtu 03 Juni 2023 mulai Pukul 23.00 Wib di depan Pos Gurindam 3 Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Sidomulyo Timur - di depan Hotel Parma Star Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Tangkerang Tengah dan di depan RS. Awal Bros Pekanbaru Jalan Jend. Sudirman Kelurahan Tangkerang Selatan.

Dalam kegiatan razia yang dilaksanakan oleh Personil Polsek Bukit Raya dan Personil TNI  Koramil 05 Sail tersebut dipimpin oleh Kanit Lantas Polsek Bukit Raya Iptu Yurman Hambo berhasil mengamankan 7 unit sepeda motor berkenalpot brong yang tidak sesuai standar kendaraan dan tidak dilengkapi surat-surat serta diduga digunakan untuk aksi balap liar. Keberhasilan ini tidak lepas dari kegigihan personil dalam merazia pengendara bermotor yang diduga para pelaku aksi balap liar jalanan yang sudah meresahkan masyarakat.

Kapolresta Pekanbaru Kombespol Jefri R.P Siagian, S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Bukit Raya AKP Syafnil, SH, menjelaskan bahwa kegiatan razia balap liar serta kendaraan menggunakan knalpot brong yang tidak sesuai standar merupakan salah satu upaya pihak kepolisian  untuk mencegah remaja dan anak-anak muda melakukan aksi balap liar jalanan yang sangat membahayakan bagi pengendara jalan lainnya serta untuk mencegah adanya kelompok remaja bermotor yang melakukan tindakan kriminal terutama di malam hari.

Kapolsek Bukit Raya menerangkan, kegiatan patroli dan razia balap liar malam minggu yang berlangsung di depan Gurindam 3, depan Hotel Parma Star dan di depan RS. Awal Bros Pekanbaru difokuskan dengan sasaran utama kendaraan bermotor yang menggunakan kenalpot brong/preng yang tidak memenuhi standar kendaraan dan menimbulkan suara bising yang mengganggu kenyamanan masyarakat yang berada di sekitar lokasi razia terutama pasien RS. Awal Bros Pekanbaru yang sedang melaksanakan rawat inap.

''Pelaku balap liar/pengendara motor dengan knalpot brong sangat mengganggu masyarakat yang sedang melaksanakan aktivitas maupun yang sedang istirahat. Untuk itu apabila pengendara kedapatan mengendarai kendaraan bermotor menggunakan knalpot brong/preng langsung dilakukan penindakan dengan mengamankan kendaraan bermotor tersebut,'' terang Kapolsek.

''Dalam kegiatan razia balap liar dan knalpot brong malam minggu yang dilaksanakan hingga pukul 03.00 Wib berhasil diamankan 7 unit sepeda motor yang memakai knalpot brong dan diduga digunakan untuk aksi balap liar antara lain Honda Beat Warna Silver, Kawasaki KLX warna biru hitam, Yamaha Vixion warna biru, Honda GTR warna hitam merah, Yamaha Scorpio warna merah, Kawasaki KLX warna putih biru dan Yamaha Lexi warna abu-abu.''Selain mengamankan kendaraan, Polsek Bukit Raya juga turut membawa remaja yang mengendarai kendaraan tersebut ke Polsek Bukit Raya. Lalu, kita data dan dimintai keterangan lebih lanjut," urai Kapolsek.

Kapolsek mengharapkan, dengan rutinnya dialaksanakan kegiatan razia balap liar dan knalpot brong yang tidak sesuai standar pada malam minggu di wilayah hukum Polsek Bukit Raya dapat mencegah gangguan keamanan dan kenyamanan masyarakat. Mengingat suara bising yang ditimbulkan dari kendaraan yang menggunakan knalpot brong tidak sesuai standar sangat mengganggu kenyamanan warga saat sedang beristirahat terutama di malam hari serta kendaraan yang menggunakan knalpot brong juga identik dengan kendaraan yang digunakan oleh remaja untuk aksi balap liar yang juga sangat meresahkan masyarakat sebagai pengguna jalan raya, karena aksi yang dilakukan pembalap liar membahayakan pengguna jalan lain.

''Kegiatan razia balap liar dan knalpot brong di wilayah hukum Polsek Bukit Raya merupakan giat yang dilaksanakan untuk menjamin keamanan dan ketertiban sebagai respon dan tindak lanjut dari keresahan masyarakat, terutama yang tinggal di seputaran Jalan Jenderal Sudirman Kecamatan Bukit Raya akibat adanya balap liar jalanan. Selain suara bising dari knalpot brong/preng yang menganggu kenyamanan warga saat sedang istirahat aksi balap liar juga membahayakan pengendara yang melintas," ujar Kapolsek.

''Kami juga menghimbau kepada orang tua agar selalu mengawasi anak-anaknya untuk tidak keluar rumah melewati batas jam malam dan hendaknya orang tua juga tidak membiarkan apabila kedapatan anaknya merubah spesifikasi kendaraan bermotor terutama knalpot brong/preng yang tidak sesuai aturan karena suara yang ditimbulkan dapat mengganggu kenyamanan masyarakat umum,'' pungkas Kapolsek.***

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar