Cegah Kejahatan di Lingkungan Darat dan Perairan

Polres Pelalawan Launching Polisi RW di Dermaga Kute

Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto SH, SIK saat memimpin launching polisi Rukun Warga (RW), Rabu (14/6/2023)

Laporan Said
Pelalawan


           JAJARAN Polres Pelalawan mengelar launching polisi Rukun Warga (RW). Uniknya acara digelar di atas dermaga Pantai Kuala Terusan (Kute) Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Rabu (14/6/2023) pagi.Dimana launching polisi RW langsung dipimpin Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto SH, SIK, dihadiri Kabidkum Polda Riau, Kombes Pol, Taufiq Lukman Nurhidayat SIK, MH, Bupati Pelalawan, H Zukri dan Ketua DPRD, Kajari, Ketua PN, Dandim, tokoh masyarakat Pelalawan.

Sedangkan personil Polres Pelalawan yang jadi Polisi RW duduk rapi di atas kapal pompong yang bersandar di dermaga Kute dengan mengenakan tanjak kebesaran masyarakat Melayu Riau.Peluncuran program untuk menjaga Kamtibmas di lingkungan masyarakat tersebut ditandai penyematan ban Polisi RW oleh Kapolres pelalawan AKBP Suwinto, bersama pimpinan Forkopimda.

Dalam sambutan Kapolres Pelalawan, mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran dan instansi terkait untuk meramaikan launching polisi RW Polres Pelalawan yang digelar serentak se-Indonesia tersebut.''Kita laksanakan launching di dermaga Desa Kuala Terusan untuk  mengangkat kearifan lokal Kabupaten Pelalawan. Artinya Kabupaten Pelalawan terdiri dari daerah daratan dan pulau ini bersatu padu, saling menjaga kekompakan dalam mewujudkan Kabupaten pelalawan Bermarwah, Maju dan Sejahtera," ujar Kapolres.


Lanjut Kapolres, bahwa program Polisi RW merupakan program Kapolri untuk mendekatkan polisi dengan masyarakat dalam rangka menjaga Kamtibmas di lingkungan masyarakat, serta mewujudkan polisi dekat dengan masyarakat sebagai sosok pelindung, pengayom dan pelayan.''Melalui program Polisi RW, Polres Pelalawan akan menghadirkan polisi di setiap RW untuk membangun interaksi positif yang konsisten antara polisi dan masyarakat. Hingga dapat mencegah kejahatan di lingkungan masyarakat baik di daratan dan perairan," ujarnya. Sambung Kapolres, di Kabupaten Pelalawan ada 734 RW, untuk Polisi RW sendiri ada 421. Karena belum mencukupi, jadi ada 1 Polisi RW yang merangkap untuk mengcover beberapa RW, tergantung dari wilayahnya sendiri.

Pada kesempatan itu, Bupati Pelalawan, H Zukri memberikan apresiasi atas peluncuran program Polisi RW oleh Polres pelalawan. Dengan hadirnya polisi RW ini diharapkan kondusifitas serta Kamtibmas di berbagai daerah termasuk di lingkup RW akan lebih terjaga secara efektif dan efisien.''Kami berharap masyarakat Pelalawan juga dapat ikut andil dalam menjaga kondusifitas dan Kamtibmas dengan menghidupkan kembali Poskamling di tiap kecamatan serta ikut mendukung program Polisi RW,'' ujar  Zukri. Di akhir kegiatan tersebut juga turut menyaksikan secara virtual launching Polisi RW oleh Polda Riau yang disaksikan Kapolres se-Provinsi Riau.***
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar