10 Hari Jelang Wukuf

162 Ribu Lebih Jemaah Haji Indonesia Berada di Makkah

Jemaah haji Indonesia di Makkah 2023.

MAKKAH--(KIBLATRIAU.COM)-- Kedatangan jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci masih terus berlangsung hingga 23 Juni 2023 mendatang. Semua jemaah haji reguler gelombang pertama sudah diberangkatkan ke Makkah dari Madinah.Hingga Sabtu 17 Juni 2023, berdasarkan data yang dirilis Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) untuk jemaah haji reguler gelombang pertama yang mendarat sejak 24 Mei lalu di Madinah, seluruhnya, sebanyak 100.275 jemaah saat ini sudah berada di Makkah. Mereka terbagi dalam 264 kelompok terbang (kloter).

Di Makkah, jemaah gelombang kedua yang datang melalui Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, tercatat sebanyak 62.341 orang yang berasal dari 164 kloter.Dengan begitu, jumlah jemaah yang sudah berada di Makkah hingga pukul 24.00 WAS, Jumat 16 Juni, sebanyak 162.616 orang ditambah petugas haji. Masih ada 60 ribu lebih jemaah yang belum tiba.Siskohat juga menginformasikan jumlah jemaah yang wafat hingga hari operasional ke-25 bertambah menjadi 74 orang. 30 Meninggal di Madinah dan 44 lainnya tutup usia di Makkah.

Sebagian besar jemaah yang meninggal berusia lanjut dan masuk dalam kategori risiko tinggi. Sementara untuk jemaah haji non risiko tinggi, Kepala KKHI Mekah dr Edi Supriyatna menjelaskan, penyebab mereka meninggal didominasi oleh penyakit jantung, tepatnya syok kardiogenik dan infark miokard. Keduanya juga merupakan dua penyakit tertinggi yang menyebabkan kematian jemaah secara umum.Edi menambahkan, para jemaah nonristi itu tidak mendadak sakit jantung saat di Tanah Suci. Mereka sebenarnya sudah memiliki penyakit jantung di Tanah Air.

"Banyak jemaah haji tidak menyadari telah memiliki penyakit jantung," ungkap Edi kepada Media Center Haji.Menurut data Penyelenggaraan Kesehatan Haji di Arab Saudi 2023, ada tiga penyakit penyebab banyaknya jemaah haji wafat, antara lain penyakit infark miokard akut (20 kasus), syok kardiogenik (16 kasus), dan stroke (5 kasus) dari total 66 kematian per 15 Juni 2023.Infark miokard akut adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh sumbatan pada arteri koroner. Syok kardiogenik adalah suatu kondisi di mana jantung tidak dapat memompa darah untuk mencukupi kebutuhan tubuh, kondisi ini sering kali dipicu oleh serangan jantung berat.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar