Menang Adu Penalti atas Kroasia 5-4

Spanyol juara UEFA Nations League 2022/2023

Skuad Spanyol merayakan kegagalan Lovro Majer mencetak gol dari titik putih di partai final UEFA Nations League lawan Kroasia di De Kuip Stadium, Rotterdam, Belanda, Senin (19/06/2023) dini hari WIB.

Bola.net --(KIBLATRIAU.COM)-- Timnas Spanyol sukses mengalahkan Kroasia di laga final UEFA Nations League 2022/2023 di De Kuip Stadium, Rotterdam, Belanda, Senin (19/06/2023) dini hari WIB.Pertandingan ini berlangsung cukup intens dan seru. Banyak peluang yang diciptakan Kroasia dan Spanyol.Namun tak ada gol yang tercipta di waktu normal. Di babak extra time, keduanya juga sama-sma tetap tak bisa menjebol gawang lawan.Pemenang pun harus ditentukan via adu penalti. Di sini Spanyol bisa unggul 5-4 atas Kroasia.

Di awal pertandingan, Kroasia berusaha mengontrol jalannya pertandingan. Mereka mendominas penguasaan bola.Namun peluang justru didapat Spanyol lebih dahulu. Livakovic gagal menangkap bola crossing Ruiz dari sayap kiri dengan sempurna dan bola terlepas dari tangannya. Di dekatnya ada Alvaro Morata yang coba untuk menendang bola liar itu. Namun untngnya Morata terjebak offside.Dua menit kemudian Spanyol mendapat peluang lag. Gavi merebut bola dari Brozovic dan melepas tembakan keras mendatar dari luar kotak penalt. Livakovic sudah gagal merespon tembakan tersebut. Untungnya bagi Kroasia, bola melebar ke sisi kanan gawang.

Menit ke-23 peluang didapat Kramaric. Ia menembus pertahanan Spanyol dan menyambut umpan jauh dari Erlic. Sayangnya di kotak penalti ia kurang cepat mengeksekusi pelang itu hingga akhirnya Laporte dengan sigap bisa membuang bola di saat-saat krusial.Menit ke-31 peluang didapat oleh Kroasia. Modric melepas tendangan bebas dari sisi kanan lapangan ke tiang jauh. Di sana sudah ada Perisic yang melompat lebih tinggi dari Navas. Ia menanduk bola dan mengarahkannya ke sisi kanan bawah gawang. Namun Unai Simon masih bisa mengamankan peluang itu.

Menit ke-39 peluang kembali didapat Kroasia dari Perisic. Ia mendapat umpan silang dari kanan dari Modric. Ia menyundul bola tersebut mendahului Navas. Bola mengarah ke sisi kiri gawang tapi masih bisa diamankan dengan mudah oleh Simon.
Pada akhirnya tak ada gol tercipta sampai turun minum. Kroasia 0-0 Spanyol.Di babak kedua, Spanyol bermain lebih agresif. Kroasia juga tak mau kalah dan laga pun berlangsung cukup intens.Menit ke-56 Spanyol mendapat peluang apik. Alba mengirim umpan silang dari kiri. Bola disundul Asensio dengan bebas. Sayangnya bola masih melambung tipis di atas gawang Kroasia.

Menit ke-60 peluang didapat Kroasia. Pasalic menanduk bola umpan silang dari sayap kiri dari Perisic. Namun bola sundulannya masih melebar dari target.Lima menit kemudian Spanyol coba menggebrak melalui tembakan jarak jauh Rodri. Namun bola melesat tipis saja ke sisi luar kanan gawang.Pertandingan kemudian berlangsung alot. Kroasia dan Spanyol kesulitan menembus pertahanan lawan masing-masing dan bola banyak bergulir di tengah.Peluang emas kemudian muncul pada menit ke-85. Ansu Fati menendang bola dengan bebas di kotak penalti usai mendapat umpan dari sayap kiri. Livakovic sudah mati langkah. Namun untungnya ada Perisic yang bisa melakukan blok dengan kaki kanannya.Lima menit kemudian peluang kembali didapat Spanyol. Navas mengiruim umpan lob ke halfspace kanan pada Asensio. Ia kemudian melepas tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti. Namun bola masih melebar ke sisi kanan luar gawang Livakovic.Sayangnya pada akhirnya kedua tim masih tetap tak bisa mencetak gol sampai laga babak kedua berakhir. Artinya laga harus dilanjutkan ke babak extra time.

Di babak pertama extra time, kedua tim sama-sama saling adu serangan. Namun laga berlangsung alot. Mereka kembali kesulitan menciptakan peluang.Menit ke-100 Kroasia akhirnya bisa mengancam dari aksi Majer, yang bisa masuk kotak penalti usai mendapat umpan terobosan dari Kovacic. Namun saat ia akan menendang bola, Nacho melakukan tekel yang membuat peluang tersebut gagal berbuah gol.Menit 104 Spanyol mengancam melalui tembakan Asensio. Bola diblok oleh Livakovic tapi bola rebound disambar oleh Olmo. Sayangnya sepakannya terlalu keras hingga bola melambung dari target.Tak ada gol di babak pertama extra time. Laga harus dilanjutkan ke babak kedua.Di babak ini, Kroasia dipaksa lebih sering bertahan. Spanyol menggempur pertahanan mereka dengan cukup intens. Akan tetapi pada akhirnya tetap tak ada gol tercipta sampai akhir.

Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Di sini, tiga eksekutor awal Spanyol dan Kroasia sama-sama bisa melakukan tigasnya dengan baik.Namun eksekutor keempat Kroasia gagal. Tendangan penalti Lovro Majer bisa diblok oleh kaki Unai Simon.Namun kemudian eksekutor kelima Spanyol juga mengalami kegagalan. Bola sepakan Aymeric Laporte membentur mistar gawang.Namun kemudian eksekutor Kroasia berikutnya yakni Bruno Petkovic gagal mencetak gol. Bola sepakannya ditepis Simon.Spanyol kemudian mencetak gol melalui Dani Carvajal. Dengan demikian mereka menang 5-4 atas Kroasia dan menjadi juara UEFA Nations League 2022/2023.(Net/Hen)


Susunan Pemain

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Martin Erlic, Josip Sutalo, Ivan Perisic; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Mario Pasalic, Andrej Kramaric, Luka Ivanusec

Pelatih: Zlatko Dalic

Spanyol (4-2-3-1): Unai Simon; Jesus Navas, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Jordi Alba; Fabian Ruiz, Rodri; Marco Asensio, Gavi, Yeremy Pino; Alvaro Morata

Pelatih: Luis de la Fuente


Berita Lainnya...

Tulis Komentar