Tempuh Perjalanan 5 Jam

Hingga Larut Malam Personil Polres Pelalawan Berjibaku Padamkan Api

Jajaran Personil Polres Pelalawan berjibaku memadamkan api hingga larut malam, di Kawasan Taman Nasional Teso Nilo (TNTN) Dusun Take Jaya, Desa Air Hitam, Desa Air Hitam, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan.

PELALAWAN -- (KIBLATRIAU.COM)- Jajaran Personil Polres Pelalawan berjibaku memadamkan api hingga larut malam, di Kawasan Taman Nasional Teso Nilo (TNTN) Dusun Take Jaya, Desa Air Hitam, Desa Air Hitam, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan.

Kebakaran  hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan TNTN yang mencapai 1,5 hektar   terdeteksi diaplikasi dashboard lancang kuning Rabu (21/6/2023) lalu.

Kemudian personil Polres Pelalawan dari Polsek Ukui bersama TNI, petugas Kehutanan Provinsi Riau langsung bergerak cepat menuju lokasi yang berjarak 30 kilo meter dari Polsek Ukui.

Dengan menggunakan sepeda motor personil gabungan turun untuk memadamkan Karhutla. Jalan setapak dan terik matahari menyengat tidak menyurutkan semagat para personil  ke lokasi.

Setelah menempuh perjalanan cukup jauh selama 5 jam, akhirnya saat tim tiba di lokasi kebakaran hutan dan lahan tim menemukan tumpukan kayu yang terbakar dan kepulan asap.

Selanjutnya tim gabungan melakukan pemadaman. Tapi kondisi karhutlah cukup luas petugas harus berjibaku melakukan pemadaman hingga larut malam

"Anggota Polsek Ukui bersama TNI dan Kehutanan bergerak menuju lokasi Karhutla, Namun karena jarak tempuh yang cukup jauh dan medan yang cukup terjal diperlukan waktu tempuh yang cukup lama," ungkap Kapolres Pelalawan, AKBP Suwinto SH, SIK kepada media ini.

Lanjut Kapolres, saat tim tiba di lokasi langsung melakukan verifikasi sesuai data dari DLK dan menemukan areal lahan mineral yang telah habis terbakar, lebih kurang 1.5 hektar yang masuk dalam Kawasan TNTN.

"Api sudah padam, yang hanya meninggalkan sisa asap yang keluar dari tunggul kayu yang telah terbakar. Selanjutkan dilakukan pendinginan hingga api benar-benar sudah padam," sebut Kapolres.

Ditambahkan Kapolres, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan di kawasan TNTN tersebut dan telah dipasang garis polis line. (Sa)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar