Pentingnya DPT Akurat dan Penuhi Persyaratan

KPU Riau Tetapkan 4.732.174 Pemilih DPT di Pemilu 2024

Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir, SH, LLM

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--  Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau menggelar rapat pleno penting dalam persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Selasa (27/6/2023). Rapat tersebut bertujuan untuk melakukan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan digunakan dalam Pemilu 2024. Rapat pleno yang digelar di Hotel Pangeran Pekanbaru tersebut dihadiri oleh anggota KPU Riau, Kapolda Riau, Korem 031 Wirabima, Kejati Riau, Bawaslu Riau, Disdukcapil Provinsi Riau, Kemenkuham Riau, KPU Kabupaten/Kota se Provinsi Riau dan perwakilan partai politik.

Rapat pleno ini merupakan langkah penting dalam tahapan persiapan Pemilu 2024, yang bertujuan untuk memastikan bahwa DPT yang akan digunakan adalah akurat dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.Dalam rapat pleno tersebut, masing-masing KPU Kabupaten/Kota membacakan rekapitulasi DPT di wilayah masing-masing. Berikutnya adalah penetapan DPT tingkat Provinsi Riau dan penanda tanganan berita acara.Penetapan ini didasarkan pada data yang valid dan telah diverifikasi dengan baik. DPT merupakan daftar yang berisi nama-nama pemilih yang memenuhi persyaratan dan berhak memberikan suara dalam Pemilu.

KPU Riau menegaskan pentingnya DPT yang akurat dan valid dalam melaksanakan Pemilu. DPT yang tepat dan terverifikasi dengan baik akan memastikan bahwa setiap pemilih memiliki kesempatan yang adil untuk memberikan suara dan berpartisipasi dalam proses demokrasi.Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir, menyampaikan bahwa rapat pleno penetapan DPT ini merupakan salah satu tahapan penting dalam persiapan Pemilu 2024. ''Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa DPT yang akan digunakan adalah akurat dan prosedural serta tahapan penetapannya telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan,'' ujar Ilham.

Dijelaskan Ilham, dengan penetapan DPT yang telah dilakukan, KPU Riau akan melanjutkan tahapan persiapan lainnya untuk Pemilu 2024, seperti pencalonan DPRD dan DPD, kampanye, pengadaan dan distribusi logistik, pemungutan suara, penghitungan dan rekapitulasi hasil perolehan suara. ''KPU Riau juga akan terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan partai politik untuk memastikan pelaksanaan Pemilu yang transparan, jujur, dan demokratis,'' sambung Ilham Ilham menambahkan, Pemilu 2024 diharapkan menjadi momen penting bagi masyarakat Riau dalam menentukan masa depan Provinsi Riau dan Indonesia.

Sementara Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Riau Abdul Rahman yang dijumpai usai pleno menjelaskan bahwa total jumlah pemilih di Provinsi Riau berjumlah  4.732.174.''Total keseluruhan pemilih di Provinsi Riau berjumlah 4.732.174 yang terdiri dari 2.399.163 pemilih laki-laki dan 2.333.011 pemilih perempuan," ungkap Rahman.''Jumlah tersebut merupakan pemilih dari 172 kecamatan dan 1.862 Desa/Kelurahan di Provinsi Riau. Jumlah pemilih tersebut terbagi ke dalam 19.366 TPS,'' tuturnya. ***
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar