Hadiri Undangan

Di Balik Pertemuan Anies, Ganjar, Puan dengan Putra Mahkota Arab Saudi

Momen Anies, Ganjar dan Puan bertemu putra mahkota kerajaan Arab Saudi. Istimewa

MEKKAH--(KIBLATRIAU.COM)-- Dua bakal calon presiden Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo menghadiri pertemuan dengan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman al-Saud (MBS). Selain itu, Ketua DPR Puan Maharani juga hadir.Peristiwa tersebut terjadi di tengah pelaksanaan ibadah haji, Kamis (29/7). Mereka diundang dalam acara makan siang di Istana Mina. 

Anies menceritakan momen tersebut dalam unggahan di akun Instagram miliknya, Jumat (30/6)."Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman al-Saud mengundang para tamu raja untuk makan siang bersama di Istana Mina, Mekkah. Sejak 8 Dzulhijah, para tamu raja ditempatkan di Mina Hospitality Palace, sekitar 10 menit dari bangunan utama Istana Raja di Mina. Kompleks istana ini ada di sisi barat daya kawasan Mina," ujar Anies.Bacapres yang diusung Partai NasDem, PKS dan Demokrat ini menitipkan salam kepada ayah MBS, yaitu Raja Salman. Ia juga mengapresiasi diterima dengan hangat oleh Kerajaan Saudi.

"Saat berjumpa dengan Putera Mahkota Pangeran MBS, kami sampaikan ucapan terima kasih atas kehormatan untuk bisa berangkat haji atas undangan dari Kerajaan Arab Saudi dan atas pelayanan yang luar biasa selama tinggal di Makkah ini. Kami titipkan salam hormat untuk ayahanda, Raja Salman, semoga beliau diberikan kesehatan, dipanjangkan umurnya," jelasnya.Dalam kesempatan itu, Anies juga menyampaikan harapan supaya MBS bisa kembali berkunjung ke Indonesia. Ia ingin hubungan Indonesia dan Arab Saudi semakin erat.

"Kepada Pangeran MBS kami sampaikan juga ucapan selamat, semoga bisa terus menjalankan tugas dengan baik. Semoga bisa kembali berkunjung ke Indonesia, kita ingin makin banyak kerja sama antar-Indonesia-Arab Saudi, yang makin mengeratkan persaudaraan antar-kedua bangsa yang sudah amat panjang," ujarnya.Sementara itu, momentum Ganjar bertemu dengan MBS diunggah di akun Twitter PDIP. Ganjar mengenakan kemeja putih dengan peci berwarna hitam.

Dalam unggahan tersebut, dituliskan Ganjar diundang dalam acara besar Kerajaan Arab Saudi dan menjadi tamu kehormatan Kerajaan Arab Saudi."Di Mekkah, Ganjar Pranowo Diundang Acara Besar Kerajaan Arab Saudi. Dalam acara yang besar ini, Ganjar Pranowo menjadi tamu kehormatan Kerajaan Arab Saudi," tulis akun twitter @PDI_Perjuangan, dikutip merdeka.com, Sabtu (1/7).

"Di hadapan para pemimpin, tokoh agama, dan jajaran petinggi yang terhormat Ganjar Pranowo duduk bersama. Kehadiran Ganjar Pranowo dalam acara tersebut merupakan momen penting dalam sejarah perjalanan spiritualnya," sambungnya.

Sedangkan, Puan menyempatkan diri untuk mengucapkan terima kasih karena dianggap sukses menyelenggarakan ibadah haji."Saya atas nama pribadi dan mewakili jemaah haji Indonesia mengucapkan terima kasih atas kebaikan Kerajaan Arab Saudi terkhusus Pangeran Muhammad Bin Salman atas kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji 2023 ini," kata Puan, dalam keterangan resmi, Sabtu (1/7).Mengenakan busana putih berenda, Puan tampak duduk di kursi bagian depan sejajar dengan MBS dan Menteri Arab Saudi. Puan menjadi satu-satunya perempuan yang duduk sebaris dengan putra Raja Salman itu.

Selain Puan, terlihat pula Raja Malaysia Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, Presiden Senegal Macky Sall, Presiden Pakistan Arif Alvi, dan Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin.Puan juga terlihat bersalaman dan berbincang dengan MBS. Bukan kali ini saja keduanya bertemu. Pada jamuan makan malam KTT G20 di Bali bulan November 2022, Puan bersama ibunya, Megawati Soekarnoputri, juga sempat bertemu dan berbincang bersama MBS.Ketua DPP PDIP ini pun menyoroti eratnya hubungan kerja sama Indonesia dan kerajaan Arab Saudi, yang terbukti dengan banyaknya investasi Saudi di Tanah Air. Puan mengatakan, hubungan erat kedua negara ini harus terus dibina oleh generasi penerus bangsa.

"Indonesia dan Arab Saudi memiliki keeratan dalam berbagai kerja sama, baik dalam investasi ataupun sejarah nasional kita yang tidak boleh kita lupakan sebagai penerus bangsa," ungkapnya.Dalam jamuan di Istana Kerajaan Mina, MBS menyatakan merasa terhormat karena Arab Saudi dapat melayani penyelenggaraan ibadah haji. Dia pun berharap para jemaah berhasil menyelesaikan ibadah haji mereka di hari-hari yang diberkati ini dan kembali ke negara masing-masing dengan selamat.

MBS juga menyatakan Kerajaan Arab Saudi merasa terhormat untuk melayani Dua Masjid Suci sejak didirikan dan merawatnya serta telah menjadikan dua masjid tersebut sebagai prioritas kepentingan kerajaan. Dua masjid yang dimaksud itu adalah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi."Kerajaan telah melakukan semua upaya dan memanfaatkan semua kemampuan untuk memberikan kenyamanan dan kepastian bagi para peziarah," kata MBS dalam sambutannya.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar