Menyedot Perhatian Ribuan Wisman

Gubr Hadiri Acara Puncak Ritual Bakar Tongkang

Prosesi ritual balar tongkang di Bagansiapi-api, Selasa (4/7/2023)

BAGANSIAPI-API--(KIBLATRIAU.COM)--Pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini,  Gubernur Riau Syamsuar menghadii acara puncak Ritual Bakar Tongkang Bagansiapiapi, Gubri yang didampingi  Danrem, Dan Lanal, Kejati Riau, Ketua DPR ,Komisi II, Kepala OJK, Kadis Pariwisata Riau tiba di Bagansiapi, Selasa (4/7/2023) sekitar pukul 11.00 WIB.

Dalam kesempatan ini, Bupati Rohil Afrizal  Sintong menyambut kedatangan Gubri dan rombongan, di lapangan tempat  mendarat Heli komplek MTQ Batu 6 Bagansiapiapi. Rohil.  Dari Batu  6 rombongan Gubri menuju rumah Sugianto yang lebih dikenal dengan sebutan Raja Baut, selanjutnya menuju Kelenteng ING Hok Kiong.
     
Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya menjelaskan bahwa acara Ritual Bakar Tongkang berhasil menyedot ribuan wisman baik  domestik maupun Manca Negara. Keberhasilan ini  karena kerjasama yang baik Forkopimda Rohil, dan Elemen masyarakat.

Disampaikan Sintong, bahwa sejarah asal mula adanya pembakaran Tongkang, adalah mengenang saat nenek moyang mereka  pertamakali mendarat di pesisir Rohil, setelah 'mendarat kapal-kapal  pengangkut pun dibakar dan dimusnahkan. 
 "Maka untuk  mengenang peristiwa tersebut hingga saat ini pada setiap tahun tetap perayaan Ritual ini dilaksanakan, yang semula hanya bersifat sederhana dan perayaannya biasa-biasa saja. Kini Ritual Bakar Tongkang telah melejit menjadi Event berskala Nasional dan bahkan telah merambah Dunia  Internasional," tutur Sintong. ( JK)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar