Sosok yang Paling Derwawan

Abdurrahman bin Auf, Sahabat Nabi yang Sedekahkan Seluruh Harta untuk Kepentingan Agama

Ilustrasi sahabat nabi Abdurrahman bin Auf

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Selain Utsman bin Affan, Rasulullah SAW memiliki banyak sahabat dari golongan saudagar kaya. Abdurrahman bin Auf termasuk ke dalam salah satunya.Nama lengkap Abdurrahman bin Auf adalah Abdurrahman bin Auf bin Abdu Manaf bin Abdul Harits bin Zuhrah bin Kilab bin Murrah Al-Qurassyi Al-Zuhri.Nasabnya bertemu dengan Nabi Muhammad SAW pada Kilab bin Murrah, sedangkan kinayahnya adalah Muhammad dan laqab-nya Al-Shadiq Al-Barr. Ibunya bernama Asy-Syifa binti Auf bin Abdu bin Al-Harits bin Zuhrah.


Mengutip buku Akidah Akhlak Madrasah Aliyah Kelas XI karya H Aminudin dan Harjan Syuhada, Abdurrahman bin Auf lahir di Makkah 10 tahun setelah tahun Gajah. Usianya lebih muda dari Rasulullah SAW.Abdurrahman bin Auf adalah sosok yang rajin bersedekah. Ia bahkan terus menyumbangkan hartanya untuk menegakkan ajaran Allah SWT seperti disebutkan dalam buku Kisah 10 Pahlawan Surga karya Abu Zaein.Dalam kalangan masyarakat, Abdurrahman bin Auf disebut sebagai sosok yang sangat dermawan. Seluruh usahanya ditujukan untuk mencari ridha Allah SWT.

Saat berdagang, dirinya selalu menjauhkan barang-barang yang haram hingga subhat. Keuntungannya tidak hanya ia nikmati sendiri, melainkan untuk sanak keluarga sekaligus perjuangan di jalan Allah SWT.Saking kayanya, penduduk Madinah mengatakan seluruh masyarakat di sana berserikat dengan Abdurrahman bin Auf. Dari hartanya 1/3 dipinjamkan kepada mereka, 1/3 membayari utang-utang mereka, dan 1/3 lainnya dibagi-bagikan kepada mereka.Bahkan ketika persiapan Perang Tabuk, umat Islam membutuhkan banyak perbekalan. Abdurrahman tanpa ragu membawa semua harta yang ia miliki dan disedekahkan demi kepentingan kaum musliimin.

Rasulullah SAW pernah bertanya kepadanya, "Wahai Abdurrahman bin Auf, kenapa engkau infakkan seluruh hartamu? Lalu apa yang telah engkau tinggalkan untuk keluargamu?"Dia menjawab, "Sesungguhnya aku telah meninggalkan keluargaku yang jauh lebih berharga dari semua harta itu ya Rasulullah, yaitu Allah dan Rasul-Nya."Disebutkan dalam buku The Great Sahaba oleh Rizem Aizid, Abdurrahman bin Auf dikenala sebagai seseorang yang selalu menepati janji. Bahkan ketika masa mudanya.
Akhirnya, sosok Abdurrahman tumbuh menjadi seseorang bertoleransi tinggi terhadap sesama. Saking dermawan dan bijaksananya beliau, Nabi SAW berkata pada para sahabatnya mengenai Abdurrahman bin Auf,

"Sesungguhnya yang akan menjaga kamu sekalian sepeninggalanku adalah Ash-Shadiq al-Bar (Abdurrahman bin Auf). Ya Allah, hidangkanlah minuman mata air surga kepada Abdurrahman bin Auf."Setelah Rasulullah SAW wafat, Abdurrahman bin Auf bertugas menjaga kesejahteraan dan keselamatan para istri Nabi SAW. Ia memenuhi segala kebutuhan mereka dan mengadakan pengawalan bagi Ummahatul Mukminin tersebut bila berpergian.Abdurrahman bin Auf bahkan membeli sebidang tanah dan membagi-bagikannya kepada Bani Zuhrah serta Ummahatul Mukminin. Ketika jatah Aisyah RA diberitahu, beliau bertanya,"Siapa yang menghadiahkan tanah itu buatku?"Abdurrahman bin Auf," jawab si petugas.

Aisyah lalu berkata, "Rasulullah pernah bersabda, 'Tidak ada orang yang kasihan kepada kalian sepeninggalku kecuali orang-orang bersabar,"Semakin banyak keuntungan yang diperoleh Abdurrahman bin Auf, semakin besar pula kedermawanannya dalam menyumbangkan harta di jalan Allah. Hal ini ia lakukan secara sembunyi maupun terang-terangan.Dalam buku Cara Meng-Upgrade Diri dengan Metode EnSQ Entrepreneur Spiritual Question oleh Bahrudin disebutkan bahwa kekayaan Abdurrahman bin Auf saat wafat berkisar Rp 6 triliun. Ia wafat di usia ke-72 tahun.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar