Dimanfaatkan sebagai Obat

Manfaat Buah Tin yang Disebut dalam Al-Qur'an, Salah Satunya Menurunkan Kolesterol

Ilustrasi buah tin atau ara.

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Dalam Al-Qur'an memuat banyak pengetahuan dari tentang berbagai bidang keilmuan, termasuk kesehatan. Termasuk di antaranya mengenai buah dan tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami.Salah satu buah yang namanya disebut dalam Al-Qur'an adalah buah tin. Buah tin disebut dalam surah At-Tin ayat 1-4. Dalam surah tersebut, Allah SWT bersumpah atas buah tin sebagai representasi keajaiban ciptaannya. Ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah SWT bersumpah dengan 'tin' yang menggambarkan keunikan dan keistimewaan dari buah tersebut."Demi (buah) tin dan (buah) zaitun, demi gunung Sinai, dan demi negeri (Makkah) yang aman ini, sungguh, Kami benar-benar telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya," (QS At-Tin 1-4).

Manfaat buah tin sendiri sudah dibuktikan lewat berbagai penelitian. Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat mengonsumsi buah tin untuk kesehatan.

5 Buah Penurun Kolesterol Tinggi yang Disebut dalam Al-Qur'an
1. Kaya akan antioksidan
Baik daging maupun kulit buah tin mengandung berbagai antioksidan, terutama asam fenolik dan flavonoid. Asam fenolik memiliki efek antiinflamasi yang kuat dalam tubuh, dan dapat membantu mengimbangi kerusakan yang disebabkan oleh efek radikal bebas.


Radikal bebas diproduksi melalui metabolisme normal dan sebagai respons terhadap olahraga, paparan sinar matahari, serta polutan lingkungan seperti asap rokok dan kabut asap. Seiring waktu, penumpukan radikal bebas bertanggung jawab atas penuaan dan mungkin berperan dalam perkembangan penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung , serta kondisi seperti radang sendi.

2. Mendukung sistem pencernaan
Buah tin mengandung serat yang berperan dalam membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tak hanya itu, kandungan prebiotik dalam buah ini juga mendukung kesehatan bakteri baik yang ada di usus.

Mengonsumsi buah tin juga terbukti berkhasiat bagi pengidap sindrom iritasi usus besar. Sebuah penelitian mengungkapkan pengidap sindrom iritasi usus besar yang mengonsumsi buah tin lebih jarang mengalami rasa sakit dan tinja yang keras.

3. Menunjang kesehatan menstruasi
Manfaat buah tin juga dapat membantu meredakan nyeri haid. Dalam sebuah penelitian, ditemukan wanita yang mengonsumsi buah tin kering mengalami nyeri haid dengan tingkat keparahan yang lebih rendah. Selain itu, mengonsumsi buah tin juga dapat mengurangi tekanan dan stres yang dirasakan selama tiga periode menstruasi.

4. Membantu menurunkan berat badan
Penelitian juga menunjukkan mengonsumsi buah-buahan kering, termasuk buah tin, dikaitkan dengan penurunan berat badan. Selain itu, mengonsumsi buah tin secara teratur juga terbukti dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengatur kadar gula darah.

5. Menurunkan kolesterol tinggi
Buah tin juga termasuk buah penurun kolesterol. Buah ini mengandung serat larut (soluble fiber) bernama pektin yang dapat membantu menghilangkan kelebihan trigliserida dalam darah. Trigliserida merupakan salah satu jenis senyawa lemak yang dapat memicu masalah kardiovaskular jika jumlahnya terlalu tinggi.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar