Layanan Kereta Api Disetop

Gedung di Taiwan Roboh Usai Gempa M 7,5

Gambar yang diambil dari video yang ditayangkan TVBS menunjukkan sebagian bangunan roboh di Hualien, Taiwan, usai gempa pada Rabu (3/4/2024)

TAIPEI-- (KIBLATRIAU.COM)-- Gempa bumi dahsyat mengguncang Taiwan pagi ini. Gempa itu meruntuhkan bangunan-bangunan di kota selatan dan menimbulkan tsunami di pulau-pulau selatan Jepang.Dilansir Associated Press, Rabu (3/4/2024), bangunan berlantai lima di Hualien tampak rusak berat. Lantai pertama runtuh dan sisanya miring pada sudut 45 derajat.Di ibu kota Taiwan, Taipei, ubin berjatuhan dari gedung-gedung tua dan di beberapa kompleks perkantoran baru. Layanan kereta api juga dihentikan di seluruh pulau berpenduduk 23 juta orang itu.

Layanan kereta bawah tanah di Taipei juga disetop usai gempa. Namun, kegiatan masyarakat tetap berlangsung seperti biasa dan anak-anak tetap bersekolah.Badan Meteorologi Jepang mengatakan gelombang tsunami setinggi 30 cm telah terjadi di pantai pulau Yonaguni sekitar 15 menit setelah gempa terjadi. JMA mengatakan gelombang kemungkinan juga melanda pantai pulau Miyako dan Yaeyama.Pasukan Bela Diri Jepang mengirimkan pesawat untuk mengumpulkan informasi tentang dampak tsunami di sekitar wilayah Okinawa dan menyiapkan tempat berlindung bagi pengungsi jika diperlukan.Badan Meteorologi Jepang menyebutkan kekuatan gempa berkekuatan M 7,5. Badan pemantau gempa Taiwan menyebut kekuatan gempa berkekuatan magnitudo 7,2, sedangkan Survei Geologi Amerika Serikat memperkirakan gempa berkekuatan magnitudo 7,4.

Gempa terjadi pada pukul 7.58 pagi waktu setempat. Pusat gempa berada sekitar 18 kilometer selatan-barat daya Hualien dan kedalamannya sekitar 35 kilometer (21 mil).Kepala biro pemantauan gempa Taiwan, Wu Chien-fu, mengatakan dampaknya terdeteksi hingga Kinmen, sebuah pulau yang dikuasai Taiwan di lepas pantai Tiongkok. Beberapa gempa susulan terasa di Taipei satu jam setelah gempa awal.USGS mengatakan salah satu gempa berikutnya berkekuatan M 6,5 dan kedalaman 11,8 kilometer (7 mil). Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan tidak ada ancaman tsunami di Hawaii atau Guam di wilayah Pasifik AS.Gempa tersebut diyakini merupakan yang terbesar di Taiwan sejak gempa pada tahun 1999 yang menyebabkan kerusakan parah. Taiwan terletak di sepanjang 'Cincin Api' Pasifik, garis patahan seismik yang mengelilingi Samudera Pasifik tempat terjadinya sebagian besar gempa bumi di dunia.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar