Sidang sengketa Pilpres 2024

Ditanya Hakim MK soal Tugas 'Aneh-aneh' dari Jokowi, Begini Jawaban Muhadjir

Menko PMK Muhadjir Effendy

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) memberikan pertanyaan ke Menko PMK Muhadjir Effendy soal ada atau tidaknya tugas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang 'aneh-aneh'. Lantas apa jawaban Muhadjir?.Pertanyaan itu ditanyakan Hakim MK ke Muhadjir dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di Gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat (5/4/2024). Empat menteri Jokowi hadir dalam sidang tersebut untuk memberikan keterangan terkait persoalan bantuan sosial. Selain Muhadjir, 3 menteri lain yakni Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Mulanya, Muhadjir menjelaskan tupoksi para menteri telah diatur dalam Peraturan Presiden. Muhadjir mengakui terkadang memang ada tugas-tugas yang dilakukan di luar tupoksi mereka. Namun, kata dia, tugas itu masih saling berkaitan."Biasanya tugas-tugas itu berkaitan dengan tugas yang sifatnya lintas sektoral, sehingga tidak per definisi itu bisa dipastikan itu tugasnya siapa," kata Muhadjir."Kalau kami boleh mengambil contoh yang mulia, misalnya sekarang ini untuk penanganan mudik, penanganan mudik itu tidak bisa didefinisikan urusannya siapa, dengan kondisi seperti itu presiden biasanya menunjuk salah satu Menko, untuk ditugasi untuk melakukan koordinasi," sambungnya.

Selain itu, Muhadjir mengatakan terkadang ada pula tugas untuk mewakili Presiden. Muhadjir menegaskan jika tugas yang diberikan itu selalu sesuai dengan tupoksi masing-masing menteri."Kemudian ada juga tugas yang sifatnya simpel misalnya kami mendapatkan tugas dengan surat tugas untuk mewakili beliau, untuk menghadiri acara, upacara atau acara tertentu," jelasnya.

Hakim Arief lalu bertanya apakah pernah ada tugas aneh yang diberikan oleh Presiden. Muhadjir pun menegaskan tidak ada."Saya mendalami sedikit, kita ini sesama guru besar, saya tanya begini pernah ada tugas-tugas yang agak aneh-aneh gitu?" tanya Arief."Saya mohon maaf kurang tahu apa yang dimaksud aneh," jawab Muhadjir."Itu di luar itu tupoksi," kata Arief."Setahu saya tidak ada," jawab Muhadjir.

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar