14 Negara Anggota DK PBB Beri Dukungan

DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata Gaza, AS Abstain

Ilustrasi --Dewan Keamanan PBB menggelar sidang membahas situasi di Jalur Gaza beberapa waktu lalu

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akhirnya menyetujui dan mengadopsi resolusi yang menuntut gencatan senjata segera antara Israel dan Hamas yang tengah berperang di Jalur Gaza. Resolusi itu disetujui setelah Amerika Serikat (AS), sekutu Israel, memutuskan abstain dalam voting terbaru.Seperti dilansir Reuters, Selasa (26/3/2024), hasil voting resolusi terbaru yang digelar pada Senin (25/3/2024) waktu setempat itu semakin memicu perselisihan dengan sekutu dekatnya, Israel.Sebanyak 14 negara anggota Dewan Keamanan PBB memberikan suara dukungan untuk resolusi yang diajukan oleh 10 anggota terpilih badan tersebut. Sementara AS, yang merupakan sekutu Israel dan salah satu negara anggota tetap, memutuskan abstain.

Resolusi itu menuntut gencatan senjata di Jalur Gaza selama sisa bulan suci Ramadan, yang akan berakhir dalam dua pekan ke depan. Resolusi itu juga menuntut pembebasan segera dan tanpa syarat semua sandera yang masih ditahan di Jalur Gaza.
Tepuk tangan menggema di dalam ruang sidang Dewan Keamanan PBB setelah voting digelar."Resolusi ini harus dilaksanakan. Kegagalan tidak bisa dimaafkan," tegas Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres dalam pernyataan via media sosial usai resolusi itu disetujui Dewan Keamanan PBB.Suara abstain yang diberikan AS itu meloloskan resolusi gencatan senjata segera, setelah sebelumnya Washington selalu menggunakan hak vetonya untuk menggagalkan resolusi serupa.(Net/Hen)

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar