Status Masih Siaga

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas sejauh Empat Kilometer

Ilustrasi gunung merapi

YOGYAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Gunung Merapi memuntahkan awan panas guguran pada Sabtu (11/3) pukul 12.12 WIB. Awan panas guguran ini berdasarkan data dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta terus terjadi hingga pukul 16.00 WIB.Kepala BPPTKG Yogyakarta Agus Budi Santoso mengatakan, jika hingga pukul 16.00 WIB terjadi 24 kali awan panas guguran di Gunung Merapi. Jarak luncur awan panas guguran ini terjauh mencapai 4 kilometer dari puncak Gunung Merapi."Sabtu 11 Maret 2023 pukul 12.12 WIB mulai terjadi rentetan awan panas guguran. Awan panas guguran terekam di seismograf dengan amplitudo antara 25-70 mm dan durasi 128-458 detik. Jarak luncur terjauh 4 km ke arah barat daya atau ke Sungai Bebeng dan Krasak," ujar Agus saat jumpa pers online.Agus membeberkan pada saat awan panas guguran terjadi, angin bertiup ke arah barat laut-barat. Kondisi ini terjadi hujan abu di sektor barat laut-utara dengan intensitas bervariasi."Hingga pukul 16.00 tercatat ada 24 kejadian awan panas guguran di Gunung Merapi," tutur Agus.

Agus membeberkan saat ini ada sejumlah potensi bahaya Gunung Merapi yaitu berupa guguran lava dan awan panas di sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 kilometer, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 kilometer.Agus mengungkapkan potensi bahaya pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh 3 kilometer dan Sungai Gendol 6 kilometer. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif menjangkau radius 3 km dari puncak.

"Suplai magma baik dari dalam maupun dangkal masih berlangsung yang dapat memicu terjadinya awanpanas guguran di dalam potensi daerah bahaya," tutur Agus."Hujan dapat memicu terjadinya lahar dan ketidakstabilan kubah lava. Masyarakat agar tidak beraktivitas di sungai kawasan KRB ketika terjadi hujan di puncak Gunung Merapi," imbuh Agus.Agus menambahkan saat ini pihaknya masih menetapkan Gunung Merapi berada pada status siaga. "Saat ini status aktivitas Gunung Merapi dalam tingkat Siaga," pungkas Agus.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar