Bakal Dihadiri Pj Walikota dan Ribuan Masyarakat

Besok, Petang Balimau Digelar di Rumah Tuan Kadi Tepian Sungai Siak

Sekretaris Disbudpar Kota Pekanbaru Ardiansyah Eka Putra

Laporan Hendri Zainuddin

Pekanbaru

  

     PELAKSANAAN petang balimau (megang red) direncanakan bakal digelar Rabu (22/3/2023). Guna mensukseskan kegiatan petang megang itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru sudah melakukan berbagai persiapan. 

Tradisi menjelang memasuki bulan Ramadan ini bakal berlangsung di area Rumah Singgah Tuan Kadi, Kota Pekanbaru. Lokasinya berada dekat dengan tepian Sungai Siak.

Demikian dikatakan Sekretaris Disbudpar Kota Pekanbaru Ardiansyah Eka Putra saat dikonfirmasi Kiblatriau.com Selasa (21/3/2022). 

"Kegiatan petang megang ini bakal dihadiri  langsung oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP serta didampingi Ketua DPRD Kota Pekanbaru.  Dimana kegiatan petang megang ini merupakan tradisi turun temurun masyarakat menjelang menyambut datangnya bulan puasa ramadan," ungkap Ardiansyah.

Dijelaskan Ardiansyah bahwa panitia penyelenggara sudah berkoordinasi dengan intansi terkait, seperti Pol Air Polda Riau dan Basarnas Pekanbaru."Kita sudah melakukan rapat persiapan dengan intansi terkait. Selain itu, kita prediksi bahwa akan datang ribuan orang memadati lokasi acara petang megang itu," ujar Ardiansyah.


Sambung pria yang akrab dipanggil Yayan ini menerangkan bahwa ajang petang megang ini juga menjadi wadah silaturahmi Pemerintah Kota dengan masyarakat Kota Pekanbaru." Kita imbau kepada masyarakat yang datang supaya tetap menjaga keamanan dan keselamatan. Meskipun sudah ada petugas yang disiagakan dalam petang megang ini, Sebab diperkirakan nanti masyarakat sangat antusias datang menyaksikan peleksanaan petang megang. Oleh sebab itu, harus berhati-hati sehingga tidak terjadi hal yang tak diinginkan," harap Yayan.

Lebih lanjut dipaparkan Yayan bahwa tradisi petang balimau ini kembali digelar untuk melestarikan tradisi menyambut bulan puasa di Bumi Lancang Kuning.

Rangkaian tradisi ini dimulai dengan pawai dari Kediaman Dinas Wali Kota Pekanbaru di Jalan Ahmad Yani lalu melakukan ziarah di pemakaman Marhum Pekan.

Selanjutnya menuju ke area pemakaman di sekitar Masjid Raya Pekanbaru, Senapelan terdapat makam dari pendiri Kota Pekanbaru yakni Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah. Selepas shalat ashar langsung digelar petang balimau.

"Pawai pun berlanjut arak-arakan ke rumah singgah Tuan Kadi dari Masjid Raya Pekanbaru di Senapelan,. Marilah saksikan dan ramaikan kegiatan petang megang ini" pungkas Yayan. ***

 

 

 

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar