Banyak Hikmah Berpuasa

Surah Al Baqarah Ayat 183 tentang Perintah Allah SWT untuk Berpuasa

 Al Baqarah ayat 183 berisi tentang perintah Allah SWT untuk berpuasa.

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Dalam Surah Al Baqarah ayat 183 menjelaskan mengenai kewajiban untuk berpuasa bagi orang yang beriman. Surah Al Baqarah sendiri merupakan surah kedua dalam daftar susunan mushaf Al-Qur'an yang terdiri dari 286 ayat.Al Baqarah (Arab: ?????? ) artinya sapi betina. Surat ini diturunkan di Kota Madinah, sehingga tergolong surat Madaniyah. Berikut adalah bacaan dari surah Al Baqarah ayat 183.

Bacaan Surah Al Baqarah Ayat 183
??????????? ?????????? ????????? ?????? ?????????? ?????????? ????? ?????? ????? ?????????? ???? ?????????? ??????????? ???????????????

Arab Latin: "Y? ayyuhalla??na ?man? kutiba 'alaikumu?-?iy?mu kam? kutiba 'alalla??na ming qablikum la'allakum tattaq?n."

Artinya: Kepada orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan (juga) kepada orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Surah Al Baqarah ayat 183 di atas menerangkan mengenai perintah untuk berpuasa bagi orang beriman. Secara bahasa Arab, puasa berasal dari kata shiyam atau shaum yang berarti menahan. Dikutip dari buku Bekal Ramadhan karya Ahmad Zarkasih bahwa puasa menurut istilah yakni menahan yang dilakukan dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

??????????? ???????? ???? ?????????????? ????????? ???? ???????? ???? ??????? ???????? ????? ??????? ?????????

Artinya: "Menahan diri pada siang hari dari hal-hal yang membatalkan puasa dengan niat ibadah sejak terbit fajar hingga terbenam matahari." (Dikutip Ahmad Zarkasih melalui Kasysyaf Al-Qinaa')

Menurut Tafsir Quran Kemenag, kedudukan puasa adalah sangat penting bagi kehidupan orang beriman. Oleh karena itu, mengapa ayat ini menjelaskan tujuan agar muslim bertakwa karena dengan berpuasa, kita bisa menahan hawa nafsu dan hal merusak lainnya.

Perintah untuk melakukan puasa ini turun kepada Nabi Muhammad SAW pada bulan Syaban di tahun kedua Hijriah. Pada saat itu, Rasulullah SAW sedang mulai membangun pemerintahan dan masyarakat. Peran puasa pada saat itu sangat terasa ketika berkaitan dengan pembentukan manusia yang dapat menerima serta melakukan tugas-tugas besar dan suci.

Masih melalui tafsir yang sama, dijelaskan bahwa para ulama banyak memberikan penjelasan mengenai hikmah berpuasa. Beberapa hikmah diantaranya adalah: memperindah budi pekerti, Memunculkan rasa empati dan kasih sayang terhadap masyarakat kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, melatih jiwa dan raga, menambah dan memperbaiki sisi kesehatan dan lain sebagainya.

Dikutip dari Tafsir Ibnu Katsir, berpuasa bisa menyucikan tubuh serta mempersempit jalan-jalan setan. Hal ini disebutkan melalui kitab hadits Sahihain,

"??? ???????? ??????????? ???? ?????????? ???????? ?????????? ???????????????? ?????? ???? ?????????? ?????????? ??????????? ????????? ???? ???????"

Artinya: "Wahai para pemuda, barang siapa di antara kalian yang mampu memberi nafkah, maka kawinlah; dan barang siapa yang tidak mampu (memberi nafkah), hendaklah ia berpuasa, karena sesungguhnya puasa merupakan peredam baginya." (HR Ibnu Katsir). Begitulah pembahasan pada artikel kali ini mengenai surah Al Baqarah ayat 183. Semoga bermanfaat.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar